Detail Berita
SELAMA LIBUR LEBARAN TIGA PUSKESMAS BUKA 24 JAM
08-04-2008

Tiga puskesmas di Kota Yogyakarta, yakni Puskesmas Tegalrejo, Puskesmas Mergangsan dan Puskesmas Jetis akan melaksanakan piket 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama liburan Hari Raya Idul Fitri 1428 H (13-14 Oktober 2007). Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Dr Choirul Anwar, M Kes di Balaikota, Kamis (3/10)
”Selama libur lebaran kami telah menyiapkan tiga puskesmas masing-masing Puskesmas Tegalrejo, Mergangsan dan Jetis untuk melaksanakan  piket selama 24 jam yakni pada tanggal 12 s/d 16 Oktober mendatang. Sehingga apabila masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan tidak perlu bingung, tiga puskesmas ini siap 24 jam ” kata Dr. Choirul Anwar.
Ditambahkan, puskesmas lainnya akan melaksanakan piket pada tanggal 15 s/d 16 Oktober sedangkan pada tanggal 17 Oktober, seluruh puskesmas di Kota Yogyakarta akan menjalankan pelayanan kesehatan seperti biasanya.
”Puskesmas lainnya akan melaksanakan piket pada tanggal 15 s/d 16 Oktober sedangkan pada tanggal 17 Oktober, seluruh puskesmas di Kota Yogyakarta buka seperti biasa” tambahnya.
Lebih lanjut Dr. Choirul menjelaskan, mengingat luas wilayah kota relatif sempit hanya 32 M2,  maka penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang terdiri dari 18 Rumah Sakit dan 3 Puskesmas perawatan dirasa sudah mencukupi, sehingga tidak perlu adanya Pos Kesehatan dari Puskesmas.
Ditambahkan oleh Choirul, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Yogyakarta rencananya juga akan membuka Posko Kesehatan di Terminal Giwangan, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan dan di Markas PMI Kotagede, hal ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya pemudik.
Sedangkan Pusat Bantuan Kesehatan (Pusbankes) 118 rencananya akan melakukan mobilisasi pada jam-jam tertentu pada daerah yang dianggap rawan pada H – 5 sampai dengan H + 5.
Sementara itu Direktur RSUD Kota Yogyakarta, Dr. Mulyo Hartana, menjelaskan pelayanan kesehatan di RSUD khususnya Poliklinik dan Rawat Jalan akan libur pada hari Jumat s/d Minggu, 12 s/d 14 Oktober, sedangkan khusus untuk pelayanan pasien gawat darurat dan rawat inap tetap dilayani seperti biasa. Pelayanan Rawat Jalan akan dibuka kembali pada hari Senin (15/10).

abi is agusbudi | Tanya Komputer