Detail Berita
PEMBUKAAN MASA SIDANG III DPRD KOTA TAHUN 2007
07-04-2008

Masa sidangan ketiga DPRD Kota Jogja akan berlangsung dalam kurun waktu yang amat singkat lurang lebih 2 bulan, diharapkan terjadi komunikasi dan koordinasi intensif antara legislatif dengan eksekutif. Sehingga hubungan sinergis antara wakil rakyat dengan pemkot akan mampu mendorong kinerja sesuai kewenangan masing-masing dalam rangka memajukan dan menyejahterakan masyarakat., demikian dikatakan Arif Noor Hartanto, Ketua DPRD Kota dalam rapat paripurna pembukaan masa sidang ketiga DPRD Kota belum lama ini.
Lebih lanjut Ketua DPRD Kota yang akrab disapa mas Inung berharap, agar para anggotanya lebih produktif dan aktif dalam menjalankan fungsi kedewanannya. Komitmen untuk melaksanakan fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan hendaknya dilakukan secara seimbang dan proporsional sehingga menjadi lebih elegan dalam upaya optimalisasi kinerja tanpa harus mengorbankan salah satunya. Hal ini dapat ditunjukan dengan peningkatan kapasitas di dalam merumuskan perencanaan anggaran pembangunan melalui APBD dan produktif menghasilkan peraturan-peraturan daerah yang populis, yang lebih berdimensi pada kepentingan masyarakat luas, demikian tegas Arif Noor Hartanto.
Dalam rapat paripurna itu, mas Inung membeberkan evaluasi dan refleksi masa sidang kedua , yang intinya DPRD Kota telah dapat menjalankan ketugasannya sesuai fungsi kedewanan, yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Dalam menjalankan ketiga fungsi ini, dewan mendasarkan pada rencana kerja yang telah disusun yang selanjutnya dijabarkan dalam program kegiatan. Lebih lanjut Arif Noor Hartanto mengatakan bahwa, dari evaluasi kinerja yang dilakukan, ada beberapa agenda kegiatan yang telah dapat diselesaikan seperti fungsi anggaran, yaitu penyelesaian pembahasan Kebijakan Umum Panitia Anggaran (KUPA), Prioritas Plafon Anggaran Perubahan (PPAP) dan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2007. Sedang fungsi pengawasan, secara komisional telah melakukan tugas pendampingan pengawasan kegiatan mitra kerja baik yang dilaksanakan di luar daerah maupun di dalam daerah. Sementara itu dalam menjalankan fungsi legislasi, DPRD bersama Tim Eksekutif sampai saat ini sedang membahas beberapa raperda yang merupakan prioritas di tahun 2007. Ada sebagian raperda yang saat ini tinggal tahap finalisasi, namun beberapa raperda masih perlu ada penyesuaian materi sebagai akibat perubahan peraturan perundang-undangan yang ada.
Ketua Dewan juga menyampaikan hambatan yang dihadapi terkait masih adanya beberapa program kegiatan yang belum dapat diselesaikan. Hal itu lebih disebabkan oleh faktor internal maupun berasal dari faktor ekternal. Pak Arif mencontohkan kendala internal adalah manajeman pengaturan waktu, meskipun telah disusun recana kerja namun pelaksanaannya seringkali tidak sesuai jadwal yang telah ditentukan. Sedang faktor eksternal, karena adanya usulan kebijakan yang dikeluarkan eksekutif yang menjadi prioritas untuk segera dibahas dan ditangani bersama legislatif, tambah mas Inung. (nrp)

abi is agusbudi | Tanya Komputer