Detail Berita
HKG PKK 2007 KEMBALI DIGELAR
07-04-2008

Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto mencanangkan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2007. Dengan mengambil tema “Pemberdayaan Posyandu dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Menuju Terwujudnya Masyarakat Sehat dan Cerdas” diharapkan kegiatan ini dapat memberdayakan posyandu sebagai pelayanan dasar paripurna masyarakat sehingga dapat menciptakan perilaku dalam masyarakat untuk kebutuhan akan kesehatan.


“Pemerintah sangat memerlukan mitra kerja yang bekerja dengan ketulusan hati seperti yang telah dilakukan oleh ibu-ibu PKK Kota Yogyakarta. Kegiatan HKG PKK ini saya harap dapat mengangkat kenaikan strata dan kualitas perempuan, balita dan lansia di Kota Yogyakarta,” Kata Walikota.
Pencanangan ini dihadiri oleh Walikota Yogyakarta, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Tim Penggerak PKK Propinsi DIY, Kepala Dinas/Instansi terkait serta Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Yogyakarta, bertempat di Gedung PKK Balaikota, Selasa (09/10).
Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Hj. Dyah Suminar dalam sambutannya mengatakan, Kota Yogyakarta mempunyai prestasi yang sangat membanggakan, dalam kegiatan HKG PKK-KB-Kes tahun 2006 lalu masuk dalam nominasi tingkat nasional kejuaraan dalam bidang Posyandu, Kesehatan Lingkungan dan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). Ini merupakan bukti nyata keberhasilan gerakan PKK dari tingkat kota sampai dengan jajaran dasa wisma dalam melakukan upaya-upaya rehabilitasi pasca bencana terutama di bidang kesehatan dengan sasaran utama bayi/balita, lansia, ibu hamil/menyusui dan warga miskin. Prestasi ini diharapkan dapat memacu kita semua untuk terus meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat di berbagai bidang.
Rangkaian kegiatan HKG PKK-KB-Kesehatan ke-13 tahun 2007 ini berlangsung hingga Puncak Acara 29 Desember 2007 nanti, tercakup dalam berbagai bidang kegiatan lintas sektor yang saling bekerjasama yaitu PKK, Dinas Kesehatan, BKKBC dan Bagian Kesmas dan PUG.
Program kegiatan bidang PKK (lebih memfokuskan pada Pemberdayaan Keluarga), antara lain:

1. Pemantauan pelaksanaan biro konsultasi Mitra Keluarga di wilayah.
2. Keberlanjutan program Sapa Anak Kos dengan bentuk kegiatan Lomba Rumah Pondokan.
3. Pemantauan perkembangan 619 Pos PAUD se-Kota Yogyakarta.

Program kegiatan bidang Kesehatan :
1. Penyuluhan pencemaran lingkungan dan pengolahan sampah
2. Sarasehan peran kader pendamping ibu hamil dan pemberian penghargaan bagi kader.
3. Evaluasi administrasi posyandu terhadap 629 posyandu se-Kota Yogyakarta

Program kegiatan instansi terkait :
1. Pelayanan KB MOW / MOP, Dialog KB serta penyusunan buku panduan calon pengantin oleh BKKBC
2. Pembinaan kelompok lansia, pemberian stimulan sarana sanitasi dasar dan rumah sehat, pendampingan balita gizi kurang / buruk dan ibu hamil, penyuluhan suami siaga dari Dinas Kesehatan
3. Inventarisasi data swadaya murni masyarakat se-Kota Yogyakarta dan Pembinaan lanjutan serta monitoring P2WKSS (Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera) oleh Bagian Kesmas & PUG. (windut)

abi is agusbudi | Tanya Komputer