Detail Berita
23 SANTRI KOTA JOGJA MENUJU POPENAS DI KALTIM
07-04-2008

Sebanyak 23 santriawan santriwati mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Popenas) di Kalimantan Timur. Dari sekian santri yang dikirim ke arena olahraga tersebut, akan bertanding mengikuti berbagai cabang olahraga maupun seni, diantaranya senam santri, puitisasi al-quran, kaligrafi kolase, pidato bahasa inggris, atletik lari dan cipta puisi. Dari jumlah santri yang mewakili Kota Yogyakarta tersebut, berasal dari Pondok Pesantren Mu’allimat, Mu’allimin, Nurul Ummah, Siti Khotidjah dan belum lama ini pamitan kepada Walikota Yogyakarta.


Sebanyak 115 santriawan dan santriwati sebelumnya megikuti seleksi, dan yang lolos seleksi sebanyak 23 orang telah memenuhi syarat untuk mengikuti Popenas di Kalimantan Timur dari tanggal 28 Oktober sampai 7 November.
Dikatakan Kepala Kandepag Kota Yogyakarta, Nurudin, SH. MA, bahwa pada Popenas di Medan tahun 2005, para santri perwakilan Kota Yogyakarta, telah meraih 1 emas, 2 perunggu, dan 2 perak. Kami harapkan untuk tahun ini para santriwan santriwati dapat mengukir prestasi lebih baik dari tahun lalu. “Diharapkan Popenas kali ini yang berlangsung di Kalimantan, dapat menjadi juara umum, paling tidak lebih daripada tahun kemarin,” katanya.
Dalam acara pamitan itu Herry Zudianto memberi semangat dan mengatakan, ada dua hal yang perlu dipertanggungjawabkan di dunia ini, yakni pertanggungjawaban dihadapan Tuhan dan tanggungjawab sesama manusia. Hubungan dengan Tuhan atau vertikal jelas bahwa manusia diwajibkan bersujud menjalankan perintahnya dan menjauhi laranganNya, sedangkan hubungan horisontal bagaimana manusia bisa bekerjasama dengan sesamanya. Pak Herry berharap agar para santri dapat kembali dengan membawa prestasi yang mengharumkan Kota Yogyakarta serta pondok pesantren yang dinaungi. “Ini merupakan amanah dan laksanakan sebaik-baiknya, teruslah berlatih dan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” tambahnya.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer