Detail Berita
Kolom Walikota
28-12-2012

YOGYAKARTA CINTA SEHAT

 

Pelayanan publik yang berkualitas di bidang kesehatan merupakan salah satu arah kebijakan yang tertuang dalam RPJMD 2012-2016, untuk mencapai hal itu Pemkot Yogyakarta menerapkan strategi mempercepat terwujudnya pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau bagi semua warga.

Secara nasional telah diluncurkan gerakan Indonesia Cinta Sehat, guna mempercepat pencapaian sasaran pembangunan kesehatan, utamanya mendorong percepatan pencapaian target MDGs (Milenium Development Goals). Sejalan dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat, Kota Yogyakarta juga semakin meningkatkan perannya dalam pembangunan di bidang kesehatan.

Beberapa kebijakan kesehatan saya terapkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Yogyakarta. Saya berharap segera dapat mewujudkan pengembangan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, utamanya pengembangan pelayanan puskesmas 24 jam dan juga rumah sakit tanpa kelas. Untuk itu kualitas ketersediaan sarana prasarana kesehatan dan kefarmasian saya perhatikan lebih serius.

Kesehatan adalah sebuah investasi, saya sangat berharap adanya keterlibatan berbagai pihak terutama masyarakat luas dan juga swasta untuk menyebarluaskan pembinaan keluarga. Terciptanya keluarga-keluarga yang sehat menjadikan kehidupan yang lebih produktif dan juga berprestasi.

Kesehatan harus dimulai dari rumah. Sehatnya Kota Yogyakarta dimulai dari sehatnya setiap rumah warganya. Gaya hidup sehat dan bersih harus menjadi bagian keseharian warga masyarakat Kota Yogyakarta sebagai upaya peningkatan status kesehatan dan mencegah faktor resiko. Mari bersama kita jaga kesehatan diri, rumah dan lingkungan. Berperilaku yang sehat akan mencegah terjangkitnya suatu penyakit. Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan terus berupaya untuk melakukan upaya preventif dan promotif kesehatan. Dengan begitu saya harapkan peran serta masyarakat di bidang kesehatan untuk menuju keluarga-keluarga siaga dan terciptanya PHBS  (perilaku hidup bersih dan sehat).

Bulan November adalah bulan kesehatan yang menjadi momentum terbaik untuk kita semua seluruh keluarga-keluarga di Kota Yogyakarta bersama-sama menerapkan PHBS. Mari meningkatkan kesadaran perilaku ber-PHBS sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan, dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. Dimulai dari rumah kita, lakukan upaya untuk memperdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Pesan saya juga, jaga anak-anak dan anggota keluarga kita dari bahaya narkoba dan HIV-Aids.

Dalam sebuah keluarga yang sehat dimana setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit, akan ada anak-anak yang tumbuh dengan gizi baik sehingga lebih sehat dan cerdas; ada ibu yang sehat produktif yang akan berperan luas di masyarat; begitu pula seluruh anggota keluarga akan giat bekerja. Dengan begitu pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga.

Penyelenggaraan jaminan kesehatan masyarakat terus saya selenggarakan untuk menyediakan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin. Saya tidak ingin ada warga masyarakat yang tidak bisa berobat karena tak ada biaya. Penyelenggaraan jaminan kesehatan ini saya upayakan untuk meningkatkan partisipasi jaminan pembiayaan kesehatan masyarakat menuju *universal  coverage *sehingga dapat memberikan manfaat berkelanjutan.

Begitu pula mengenai pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan, saya pastikan dapat selalu dalam koordinasi saya. Saya akan terlibat langsung dalam pengawasan dan pembinaan lingkungan. Kewaspadaan dini menjadi sangat penting untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular dan tidak menular terhadap kejadian luar biasa.

Informasi masyarakat yang seimbang dan mengedukasi diperlukan untuk mengajak dan menggerakkan seluruh masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat. Mari bersama-sama melakukan upaya untuk meningkatnya kesehatan keluarga dan masyarakat.

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer