Detail Berita
KOTA JOGJA KEMBALI RAIH PENGHARGAAN PARIWISATA INTERNASIONAL
28-12-2012

Kota Jogja Kembali Raih Penghargaan Pariwisata Internasional

 

Kota Jogja tak hanya dikenal sebagai kota pendidikan tetapi juga kota pariwisata dan budaya. Sebuah prestasi membanggakan kembali diraih Kota Jogja yakni mendapatkan penghargaan pariwisata tingkat internasional untuk kategori The Best Print Advertisement dari Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities yang berpusat di Korea Selatan. Penghargaan bergensi ini diberikan melalui Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) pada saat pertemuan TPO Ke-5 di Penang Malaysia pada pertengahan September lalu. Selanjutnya penghargaan diserahkan kepada Pemkot Jogja diterima Walikota Yogyakarta, Drs H Haryadi Suyuti.

Kota Jogja telah mendapatkan empat kali penghargaan dari TPO sejak tahun 2009 secara berturut-turut dalam kategori berbeda. Tahun 2009 Kota Jogja mendapatkan penghargaan The Best Public Relations, tahun 2010 memperoleh penghargaan The Best Campaign dan penghargaan sebagai The Best Website pada tahun 2011.

TPO merupakan organisasi pariwisata yang beranggotakan 70 kota dari 9 negara di Asia Pacific dan 32 lembaga non pemerintahan. Sebanyak 9 negara anggota TPO antara lain, Rusia, China, Korea, Jepang, Vietnam, Thailand, Malaysia, Filipina dan Indonesia. 

Ketua BP2KY, Deddy Eryono Pranowo sangat mengapresiasi atas perolehan penghargaan tingkat internasional ini. Dengan penghargaan ini maka pariwisata Jogja akan lebih dikenal luas di dunia. Selama ini masih banyak wisatawan terutama mancanegara yang lebih mengenal Bali daripada Indonesia. Namun dengan adanya penghargaan ini, Jogja sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia akan terangkat.

“Penghargaan ini juga sebagai cambuk untuk kami agar lebih maksimal lagi dalam mengenalkan dan mengembangkan industri pariwisata Kota Jogja. Pada gilirannya nanti kalau pariwisata makin maju dan berkembang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga,” katanya.

Melalui penghargaan ini, BP2KY akan lebih gencar lagi dalam mengenalkan pariwisata Jogja dengan menjalin komunikasi dengan berbagai komunitas. Komunitas-komunitas akan dirangkul dan diajak untuk mengadakan even di Kota Jogja. Pertunjukan wisata yang menarik dengan tetap menonjolkan seni dan budaya akan menambah lama tinggal wisatawan di Jogja.

Direktur Pelaksana BP2KY, Artin Wuryani menambahkan pada tahun ini dari tiga kota di Indonesia yang menjadi anggota TPO hanya Jogja yang mendapatkan penghargaan. Kota Jogja mengalahkan Jakarta dan Surabaya. Sebuah prestasi membanggakan untuk Kota Jogja yang juga menjadi pelecut semangat agar lebih giat lagi dalam mengembangkan dunia pariwisata di Jogja (nik)

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer