Detail Berita
Penanggulangan Flu Burung Di Kota Yogyakarta
18-10-2007

Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan berbagai upaya penanggulangan penyebaran wabah flu burung di wilayah Kota Yogyakarta. Melalui Kantor Pertanian dan Kehewanan upaya penanggulangan secara teknis dilakukan melalui beberapa langkah, pertama melakukan pengamatan penyakit/surveilance, kedua langkah pencegahan dan ketiga langkah penanggulangan.

Pengamatan terhadap penyakit flu burung oleh Kantor Pertanian dan Kehewanan dengan cara mengintensifkan jajarannya untuk melakukan pengamatan pada ternak unggas milik perorangan maupun kelompok tentang adanya tanda-tanda penyakit flu burung. Juga bekerjasama dengan Balai Diagnosa Kehewanan Propinsi DIY dan Balai Besar Veteriner di Kulon Progo dengan cara pengambilan sampel (specimen) untuk pemeriksaan ada dan tidaknya kandungan virus Avian Influenza pada unggas berkicau milik perorangan, kelompok maupun pada pasar burung. Sejak Agustus 2005 secara periodik juga melakukan pengamatan dan pengambilan specimen pada burung-burung liar yang berkeliaran di sekitar Kebun Binatang Gembira Loka. Karena burung-burung tersebut ditengarai sebagai sumber penular virus H5N1. Disamping itu Kantanwan bersama Dinas Kesehatan juga siaga melakukan pemeriksaan lapangan  apabila ada laporan dari masyarakat ditemukannya kematian unggas secara mendadak. Antara lain melakukian pemeriksaan secara cepat untuk mendiagnosa AI yang hanya memerlukan waktu 5 menit dan apabila hasilnya positif langkah penanggulangan dapat ditentukan pada saat itu juga, diantaranya memusnahkan ditempat dan melakukan ring vaksinasi unggas disekitarnya.

Langkah pencegahan terhadap flu burung oleh Kantor Pertanian dan Kehewanan dilakukan sejak tahun 2005. Yaitu dengan cara pemberian vaksinasi kepada kelompok-kelompok peternak unggas; pelayanan vaksinasi gratis setiap hari kerja di UPT Poliklinik Hewan Kantor Pertanian Dan Kehewanan Kota,  dalam setiap harinya tak kurang dari  50-60 ekor pelayanan vaksinasi; monitoring dan penyuluhan tentang arti pentingnya kesadaran warga masyarakat untuk menjaga higienitas dan sanitasi serta cara pemotongan unggas yang benar di rumah potong hewan. Pemberian jaminan Surat Keterangan Kesehatan Daging  pada Supermarket dan Hotel-hotel yang mengkonsumsi daging unggas.

Langkah antisipasi dini atau penanggulangan dengan cara melakukan pemantauan atau operasi ke pasar-pasar tradisional yang disinyalir ada penjualan bangkai ayam. Operasi ini dilaksanakan oleh Kantor Pertanian dan Kehewanan bekerjasama dengan Dinas Ketertiban dan Dinas Pengelolaan Pasar. Juga penyuluhan-penyuluhan tentang biosekuritas atau prosedur pemeliharaan unggas secara benar kepada kelompok peternak unggas yang ada di wilayah Kota Yogyakarta. Disamping itu juga penyemprotan desinfektan pada kandang unggas dan alat pengangkut unggas. Hal tersebut dilakukan secara rutin di tempat-tempat yang rawan penyebaran virus seperti Pasar Unggas Terban, Pasar Burung Ngasem dan peternakan unggas hias. Pemkot juga memberi desinfektan gratis kepada peternak agar dapat  melakukan desinfeksi kandang secara mandiri.

abi is agusbudi | Tanya Komputer