Detail Berita
KOTA YOGYAKARTA RAIH PERINGKAT PERTAMA DALAM FESTIVAL SENDRATARI ANTAR KABUPATEN KOTA SE-DIY
28-12-2012

Kota Yogyakarta raih peringkat pertama dalam Festival Sendratari antar Kabupaten Kota se-DIY

 

Jaja Bang Mawinga-Winga Kota Yogyakarta raih peringkat pertama dalam Festival Sendratari antar Kabupaten Kota se-DIY yang diselenggarakan oleh Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Pada festival yang dilaksanakan di Pendopo SMKI Yogyakarta, kontingen Kota Yogyakarta mendapat kesempatan pertama untuk tampil. 

 

Festival tahun ini memasuki usia ke-40 tahun dilaksanakan mulai 19-20 Oktober 2012 dan terbuka untuk umum serta tidak ditarik tiket masuk alias gratis, menurut Kepala TBY Drs Sukisno, M.Sn telah menjadi bagian dan situs budaya di Yogyakarta yang tidak bisa dihilangkan. Diharapkan Festival Sendratari mampu meningkatkan apresiasi dan wawasan seni masyarakat terhadap karya tari yang telah digarap berdasarkan hasil kreativitas. "Diharapkan juga mampu membawa iklim berkesenian yang kondusif, mampu memacu spirit kreatif para penata tari, penari, penata iringan, penata busana di seluruh Kabupaten dan Kota se DIY," imbuhnya.

Adapun pada hari pertama selain dari Kota yogyakarta, ditampilkan pula oleh kontingen Kabupaten Bantul dengan garapan lakon ‘Abilowo’.  Sedangkan pada hari kedua tampil dari Kabupaten Sleman  dengan garapan lakon ‘Kasampurnaning Dumadi’, kontingen Kabupaten Gunungkidul, dengan garapan lakon ‘Wisa Angkaraning Lathi’, dan terakhir kontingen Kabupaten Kulonprogo, dengan garapan lakon  ‘Dredah Ekacakra’.

 

Sumber :  Website Disparbud Kota Yk.

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer