Detail Berita
HEWAN KURBAN DILINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA MENINGKAT
28-12-2012

HEWAN KURBAN DILINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA MENINGKAT

 

 

Walikota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Yogyakarta, untuk disembelih dan dagingnya diberikan kepada para wajib penerima. Penyerahan ini dilakukan di komplek Masjid Diponegoro Balaikota Yogyakarta, Senin, (29/10).

Menurut Haryadi, hewan kurban yang disembelih ini telah melalui pengawasan yang ketat, diantaranya telah diperiksa secara seksama kemungkinan penyakit yang ada di hewan kurban.        “Kita telah lakukan beberapa langkah untuk mengetahui kondisi hewan kurban, bagaimana kesehatannya, terjangkit penyakit apa tidak, dan penyembelihan tahun ini dan sebelumnya kita diawasi dari Fakultas kehewanan Universitas Gadjah Mada, hal ini lakukan untuk memastikan daging layak untuk dikonsumsi dan benar-benar sehat, “ kata Haryadi.

Penyembelihan hewan kurban pada tahun ini cenderung meningkat terbukti tahun ini ada sebelas ekor, dimana pada tahun sebelumnya berjumlah tujuh ekor sapi. “ Kesadaran untuk berkurban guna menyempurnakan ibadahnya, para sohibul qurban dari tahun ke tahun semakin meningkat, dengan demikian amal ibadahnya niscaya akan diterimaNya,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panitia PHBI, Drs. H. Nasiruddin, M. Hum dalam laporannya mengatakan, peringatan Idul Adha tahun ini mengalami peningkatan tiga ekor sapi. “Tahun ini untuk hewan kurban sapi ada sebelas ekor, sedangkan kambing ada 16 ekor kambing, 1 ekor telah kita distribusikan ke Dinas Perhubungan UPT Terminal Giwangan, sedangkan 15 kambing kita berikan kepada lembaga yang mengajukan proposal Kepada PHBI Kota Yogyakarta,” katanya.

Ditambahkan Nasiruddin, seekor lembu disumbangkan untuk Badan Lingkungan Hidup, didistribusikan dalam keadaan hidup baik sapi maupun Kambing. Dari sekian banyak hewan kurban masing-masing dari Walikota Yogyakarta 1 Ekor, 1 Ekor dari Wakil walikota, Gubernur DIY 1 ekor, dana APBD 4 ekor, Dinas Perindagkoptan, Kemenag Kota Yogyakarta, batuan dari Turki, serta Iuran dari SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, masing masing 1 ekor.  “Daging yang telah siap didistribusikan kita berikan kepada mereka pegawai Golongan I Tenaga Bantuan di setiap SKPD-SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, serta di Empatbelas kecamatan di Kota Yogyakarta, serta Masyarakat yang berada dilingkungan kementrian Agama Kota Yogyakarta,” paparnya. (And)

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer