Detail Berita
KOLOM WALIKOTA
27-11-2012

 

YOGYAKARTA ISTIMEWA

 

Tahun ke-256 usia Kota Yogyakarta menjadi momentum yang sangat istimewa bagi seluruh warga masyarakat Yogyakarta. Disyahkannya UU keistimewaan DIY hingga dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur oleh Presiden RI adalah kado indah bagi Kota Yogyakarta di momen ulangtahunnya kali ini.

Tematik yang diusung dalam HUT Kota Yogyakarta ini adalah Semangat Segoro Amarto Untuk Jogja Istimewa, saya harapkan menjadi semangat bagi seluruh warga Kota Yogyakarta untuk bergerak dalam karya bersama mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan serta meningkatkan daya saing dalam upaya mewujudkan Jogja yang benar-benar istimewa.

HUT Kota Jogja merupakan hari ulangtahunnya seluruh masyarakat Kota Jogja. Seyogyanya kita seluruh warga Kota Yogyakarta sadaya nyawiji rila gumreget ambangun diri lan nagari.

Ayo kita bersama-sama mengedepankan semangat gotong royong agawe majune Ngayogyakarta, membangun keharmonisan dan kesatuan masyarakat untuk asah asih asuh dengan bertumpu pada prinsip-prinsip : kedisiplinan, kemandirian, kepedulian dan kebersamaan/gotong-royong. Sebagaimana filosofi Segoro Amarto sebagai sebuah semangat bersama untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Dengan tekad bulat berlandaskan Segoro Amarto bersama-sama kita wujudkan cita-cita dan harapan masyarakat sebagaimana tertuang dalam visi-misi Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan berkualitas, pariwisata berbasis budaya dan pusat pelayanan jasa yang berwawasan lingkungan.

Momentum HUT 256 Kota Jogja dalam balutan semangat Segoro Amarto ini menjadi titik awal bagi masyarakat Yogyakarta untuk bersama-sama bergerak dalam karya mewujudkan Kota Yogyakarta yang nyaman dan humanis.

Saya sangat mengapresiasi atas ikrar masyarakat Kota Yogyakarta untuk Jogja istimewa. Ikrar yang dibungkus dalam semangat besar dan tekad yang kuat dalam mewujudkan cita-cita bersama ini menyatakan bahwa masyarakat Kota Yogyakarta akan menggunakan filosofi Segoro Amarto dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Masyarakat Kota Jogja akan mengedepankan semangat Segoro Amarto sebagai titik awal untuk mewujudkan Jogja Istimewa. Ikrar yang telah dibacakan di hadapan Ngarso Dalem Sultan HB X dengan iringan pasukan Gajah melambangkan semangat yang besar, penuh gelora dan tekad bulat untuk diterapkan sepenuh hati.

Ikrar ini menjadi sebuah simbolisasi keistimewaan yang selaras dengan sejarah yang ditopang dengan cita-cita, pengorbanan, kebersamaan dan kebhinnekaan.

Sehubungan dengan telah berlangsungnya pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY (2012-2017), saya atas nama Pemerintah Kota Yogyakarta mengucapkan terimakasih dan puji syukur ke hadapan Allah Swt atas Prosesi pelantikan yang bertempat di Kota Yogyakarta berlangsung dengan lancar, aman, damai dan tertib. Saya bangga antusiasme masyarakat Kota Yogyakarta ditunjukkan dalam sikap yang santun dan berbudaya.

Pelantikan ini memberikan harapan besar bagi seluruh warga Yogyakarta. Semoga Gubernur DIY Ngarso Dalem Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur Sri Paduka Pakualam IX mampu mengemban amanah untuk membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat DIY.

Alhamdulillah pelantikan ini berlangsung sesuai amanat UU 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY, yang selama ini diperjuangkan oleh seluruh warga masyarakat DIY. Sesuai harapan dan aspirasi seluruh masyarakat bahwa Gubernur dan wakil Gubernur adalah adalah Sultan dan Pakualam yang bertahta. Hari ini kita menyaksikan sebuah peristiwa sejarah bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur telah dilantik langsung oleh Presiden RI. Kita semua menjadi saksi sebuah peristiwa besar yang terjadi di bumi Yogyakarta.

Mari kedepan kita bersama-sama guyub rukun, kita hindarkan hal-hal yang mengganggu jalannya keistimewaan Yogyakarta.

 

Selamat Ulang Tahun Kota Yogyakarta,

Selamat Ulang Tahun Masyarakat Kota Yogyakarta,

Salam Yogyakarta Istimewa

Salam Haryadi Suyuti

 

 

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer