Detail Berita
MTQ PELAJAR SEKOLAH UMUM KOTA YOGYAKARTA 2012
27-11-2012

MTQ Pelajar Sekolah Umum Kota Yogyakarta 2012

 

 

Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta bersama Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta selenggarakan Musabaqoh Tilawatil Qur`an (MTQ) untuk Pelajar Sekolah Umum Kota Yogyakarta tahun 2012. Kegiatan berlangsung sehari pada Sabtu (06/10) bertempat di Kompleks Perguruan PIRI Yogyakarta, tepatnya di SMK dan SMP PIRI Yogyakarta. Lomba ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta, Ahmad Fadli secara simbolis dengan pemukulan bedug.

Dalam laporan kegiatan, Ketua Panitia, Budi Santosa Asrori menerangkan acara ini mengusung tema 'Dengan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Pelajar, Kita Wujudkan Generasi Muda yang Berakhlaqul Karimah dan Qur’ani. Jumlah total Peserta dalam ajang ini berjumlah 1.194 siswa. Jenis lomba dalam ajang ini meliputi 13 cabang lomba masing-masing ditingkat SD SMP dan SMA/SMK yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra dan Putri, Musabaqah Puitisasi Sari Tilawah Putra dan Putri, Musabaqah Tartil Qur’an Putra dan Putri, serta Lomba Cerdas Cermat Agama Islam.  Selain itu Musabaqah Adzan Putra, Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Putra dan Putri, Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) tingkat SMP dan SMA/SMK; Lomba Seni Lukis Keagamaan Putra dan Putri tingkat SD; Lomba Nasyid (group) tingkat SMA/SMK; Lomba Khutbah Jum’at Putra tingkat SMP, SMA/SMK; Lomba Seni Kaligrafi Putra dan Putri tingkat SMP dan SMA/SMK; Lomba Pidato/Ceramah Agama Putra dan Putri dan Lomba Kebersihan dan Kemakmuran Masjid/Musholla Sekolah.

Dalam sambutan Walikota yang dibacakan Ahmad Fadli mengungkapkan mempelajari ilmu pengetahuan untuk keberhasilan hidup sedangkan ilmu agama adalah sarana untuk membangun akhlak. Keduanya sangatlah penting dipelajari bersama sebagai sarana mendapatkan kehidupan bahagia di dunia dan akherat. Al quran berisi tuntunan hidup umat islam dari Allah dan bagi yang mengamalkan isinya tidak akan sesat hidupnya. Diharapkan pelaksanaan MTQ ini dapat meningkatkan pengetahuan terhadap Al quran serta pendalaman isinya dan memupuk rasa cinta pada Al quran, mempertinggi penghayatan dan pengamalan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ditambahkan Ahmad Fadli Pelaksanaan MTQ yang bertepatan dengan pelaksanaan Perayaan HUT Kota diharapkan pula bisa menjadi awalan yang baik sehingga Perayaan HUT yang ke 256 ini bisa berjalan aman dan lancar.

Dalam ceremonial penutupan sorenya, Pjs. Kepala Kemenag Kota Yogyakarta, H. Nasiruddin, M.Hum mengatakan apresiasi atas antusiasme dan sportifitas para peserta, juga kerja keras panitia atas penyelenggaraan lomba MTQ ini sehingga telah dapat berjalan dengan lancar. Penilaian dilakukan secara obyektif oleh dewan juri dan lomba ini telah terbukti bisa mencetak santri-santri kecil yang fasih membaca Al quran. Diharapkan ini bisa menjadi modal meraih juara dalam lomba MTQ tingkat Propinsi DIY yang kebetulan akan dilaksanakan di Kota Yogyakarta pada akhir bulan Oktober 2012 bertempat di SMU Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Demikian ungkap Nasirudin yang kemudian secara resmi menutup kegiatan ini.

Dalam lomba ini yang berhasil menjadi Juara Umum dan mendapatkan piala bergilir untuk Tingkat SD adalah Kecamatan Gondokusuman yang merupakan juara bertahan, Tingkat SMP diperoleh SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan Tingkat SMU diperoleh SMU IT Abu Bakar Yogyakarta. (byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer