Detail Berita
IREDA CAR FREE DAY
25-11-2012

Ireda Car Free Day

 

 

 

Jalan Ireda di kampung Keparakan kini dicanangkan sebagai kawasan bebas kendaraan bermotor (car free day) pada hari Minggu. Penempatan kawasan bebas kendaraan bermotor ini dilakukan setiap dua minggu sekali pada pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. Selain sarana untuk bersepeda, kawasan ini juga difokuskan sebagai kawasan wisata kebugaran dan ekonomi kreatif.

Kesemarakan wilayah dalam format Cipta Kondisi Wisata Kebugaran dan Ekonomi Kreatif diusung dalam Launching ‘Ireda Car Freeday’ yang dilakukan dalam rangka memperingati  HUT Kota Yogyakarta ke 256. Launching dilakukan pada 14 Oktober lalu oleh Camat Mergangsan, Drs Marjuki dihadiri ribuan warga Keparakan dan sekitarnya.  

Setiap hari Minggu dua minggu sekali di sepanjang jalan Ireda akan digelar senam bersama, dan berbagai jenis kegiatan olahraga lain seperti jogging, jalan santai keluarga, sepakbola anak, futsal dan sebagainya.

Lurah Keparakan Komaru Ma'arif, SIP menjelaskan, Kawasan ini juga akan mengangkat potensi ekonomi kreatif warga, dimana masyarakat dapat menampilkan potensi UMKM, kuliner, kerajinan dan lainnya.

“Di Kawasan Ireda Car Free Day ini masyarakat dapat menampilan potensi-potensi yang dimiliki dalam bentuk menjual berbagai aneka produk mulai dari kuliner, kerajinan dan barang dagangan lainnya, dengan demikian saya berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus mendukung kegiatan pariwisata sekaligus menjadi ikon bagi Kelurahan Keparakan,” jelasnya.

Pengembangan kawasan Ireda ini Keparakan merupakan bentuk aktualisasi claster daya tarik wisata dari kampung wisata Dipowinatan, seperti yang dituangkan dalam perencanaan pembangunan di Kelurahan Keparakan. Kawasan ini akan berpadu dengan kawasan wisata kuliner di Kampung Keparakan Lor, pusat kerajianan di Kampung Keparakan Kidul dan seni budaya di kampung Pujokusuman dan sekaligus sebagai pintu utama bagi kampung wisata Dipowinatan.

abi is agusbudi | Tanya Komputer