Detail Berita
LOMBA SENAM ABI BERLANGSUNG MERIAH
25-11-2012

 LOMBA SENAM ABI BERLANGSUNG MERIAH

Kelompok senam  se Kota Yogyakarta mengikuti lomba Senam Ayo Bergerak Indonesia (ABI) di Pura Wisata Yogyakarta Minggu (21/10). Senam yang diadakan FORMI ( Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) ini berjalan meriah, kegiatan yang diikuti beberapa kelompok senam di berbagai kampung di Kota yogyakarta ini lebih didominasi Ibu-ibu.

Ketua Panitia Monda Saragi menjelaskan, tujuan lomba senam ini selain memperingati Hari Jadi Kota Yogyakarta, juga menjaring Instruktur di tingkat kecamatan yang nantinya akan diterjukan di masyarakat agar semua warga lebih sehat dan Bugar. “ Kami memeng sengaja mengutamakan kelompok senam yang ada diwilayah kelurahan. Hal ini kami lakukan agar para peserta lomba untuk bisa menjadi instruktur senam ditingkat kelurahan, paling tidak diwilayah si intruktur senam, dengan demikian, warga masyarakat akan semakin sehat dan bugar,” katanya.

Ditambahkan Monda, kebanyakan peserta lomba telah menguasai dibidangnya tidak saja senam ABI, namun juga menguasai senam lansia dan beberapa senam yang lainnya yang dikembangkan di Indonesia. Dicontohkan monda, apabila diwilayah instruktur senam banyak lansianya juga diajarkan senam lansia.

Formi Kota Yogyakarta sesuai dengan peran dan tugasnya mewadai olahraga non prestasi, mestinya tidak saja mengadakan lomba senam saja, akan tetapi juga mengadakan festifal olah raga yang sifatnya menghibur, seperti halnya, gobag sodor, ingkling, lompat tali, benthik, egrang, lari karung, bahkan kesenian yang sifatnya banyak gerakan yang teratur. “ Kami tidak hanya mengadakan lomba senam saja, namun olahraga tradisional yang sifatnya non prestasi kami adakan juga. Beberapa tahun yang lalu kami telah melakukan festifal dolanan anak di tempat yang sama, dan respon masyarakat luar biasa,’ tandas Monda.

Sementara itu Kepala Kesbang Kota Yogyakarta Drs. Sukamto menjelaskan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mensosialisasikan senam ayo bergerak ini di masyarakat. Olahraga senam ini selain mudah diikuti juga murah meriah untuk menyegarkan dam membugarkan tubuh. “ Bagi lansia senam ini tidak mutlak harus bisa akan tetapi apa bila ada senam, simbah-simbah dengan sekedar ngobahke awake agar  keringat dapat keluar, secara langsung tubuh terasa sehat dan Bugar, paling tidak ada rasa ingin untuk bergerak bagi lansia sudah lebih cukup”, ujarnya.

Dari peserta lomba  terjaring enam Pemenang,  Pemenang Pertama Kecamatan Kota Gede, Pemenang kedua Kecamatan Mergangsan, Kecamatan Wirobrajan sebagai pemenang ke tiga, Juara harapan satu dimenangi Kecamatan Gondokusuman, Kecamatan Mantrijeron menduduki juara harapan dua, serta juara harapan ketiga dimenengi oleh Kecamatan Jetis. Dari masing-masing pemenang mendapatkan Trophy serta uang pembinaan.

Selain peserta senam, hadir pula para suporter dari masing masing Kecamatan yang berhak mendapatkan Dorprize, hadir pula dalam acara tersebut Ketua FORMI Kota Yogyakarta, Herry Zudianto.

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer