Detail Berita
GUGUS PAUD CEMERLANG MAJU DALAM LOMBA GUGUS NASIONAL
05-11-2012

GUGUS PAUD CEMERLANG MAJU DALAM LOMBA GUGUS NASIONAL

 

Gugus PAUD Cemerlang Kotagede dengan TK Inti TK ‘Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan Fullday dan imbasnya KB ‘Aisyiyah Al Islah dan TK ‘Aisyiyah Kleco terpilih mewakili DIY dalam lomba Gugus PAUD Tingkat Naional. Sebelumnya Gugus PAUD Cemerlang ini telah menjadi terbaik di tingkat Kota Yogyakarta.

Tim Penilai Lomba Gugus Tugas Tingkat Nasional hadir melakukan peninjauan secara langsung pada Rabu (3/10), disambut oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Walikota menyatakan kebanggaannya, “Prestasi ini tentu saja semakin mewarnai dinamika Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan, sekaligus menjadi motivasi untuk berbenah diri, meningkatkan segala daya upaya guna memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi anak-anak.” Walikota juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan dan mendorong peran serta masyarakat untuk pengembangan PAUD.

Penilaian dalam lomba gugus PAUD ini mencakup enam faktor yaitu manajemen sekolah, kegiatan belajar mengajar, menajemen gugus, sarana dan prasarana, peran serta masyarakat, serta inovasi dan keunggulan.

Kepala TK ABA Al Islah, Himatul Muslikhah mengatakan, ada peran serta masyarakat yang cukup besar dalam memberikan dukungan untuk pengembangan sekolah. Dukungan tersebut diantaranya berasal dari kelompok tani Retno Makmur dan kelompok tani Wanita Sinta Mina.

Sedangkan ketua komite Gugus PAUD Cemerlang, Arif Noor Hartanto menjelaskan, terdapat sekitar 600 anak yang tergabung dalam pembelajaran di Gugus PAUD Cemerlang ini. Mereka tersebar di tampat penitipan anak, kelompok belajar hingga taan kanak-kanak.

Opi Zaenal, salah satu tim penilai dalam lomba tersebut menjelaskan, Lomba Gugus PAUD ini baru pertamakalinya diadakan, sebelumnya baru terlaksana lomba antar TK saja. Harapannya akan ada PAUD yang bisa menjadi contoh, sehingga dalam membentuk PAUD tidak bisa sembarangan karena harus dipikirkan sumber daya manusia sebagai tenaga pendidiknya.

Rentang usia 0-6 tahun adalah masa perkembangan ’golden age’ bagi anak-anak. Pendidikan yang baik sangat penting karena akan menjadi dasar bagi perkembangan anak selanjutnya.

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer