Detail Berita
RS JOGJA PUNYA INSTALASI BANK DARAH
05-11-2012

RS JOGJA PUNYA INSTALASI BANK DARAH

 

 

RS Jogja kini memiliki instalasi Bank Darah, adanya fasilitas tersebut memudahkan warga untuk mengakses kebutuhan darah, sehingga tidak perlu lagi ke PMI.  Fasilitas baru ini menjadi kado istimewa bagi HUT Kota Yogyakarta 256. Peresmian dilakukan oleh Walikota Haryadi Suyuti bersama Wawali Imam Priyono, Sabtu (6/10).

RS Jogja telah mengalami perkembangan yang pesat, Sebagai RS milik Pemerintah Kota Yogyakarta, RS Jogja didorong untuk mampu melayani masyarakat dari berbagai elemen. Hal ini sejalan dengan misi untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas. “Harapan masyarakat ingin agar dapat terlayani dengan baik. Instalasi yang berhasil dikembangkan ini juga ditujukan bagi peningkatan kualitas pelayanan,” ujar Haryadi.

Sementara Wakil Walikota Imam Priyono menambahkan, dirinya berharap RS Jogja mampu merawat pasien miskin dengan gratis. Selama ini masyarakat miskin pemegang KMS sudah terlayani dengan baik melalui program jamkesmas. Sedangkan bagi warga yang rentan miskin ’sadikin’ atau sakit sehingga menjadi miskin, perlu mendapat perhatian juga. ”Kami usahakan melalui Jamkesda sebayak 75 persen dan Jamkesos 25 persen. Karenanya perlu sinergitas informasi sehingga tidak ada ’sadikin’ yang tercecer,” jelas Imam.

Kepala instalasi Bank Darah Woro Umiratih menjelaskan, kebutuhan darah bagi pasien RS Jogja mencapai 150-200 kantong perbulan.

 

Sedangkan Direktur RS Jogja, Sri Aminah mengatakan usia 25 tahun bagi RS jogja merupakan usia yang cukup matang, pihaknya yakin dapat melayani seluruh masyarakat dari berbagai golongan. Namun begitu meskipun harus berkompetisi dengan RS lainnya, pihaknya tidak akan bersaing dalam urusan bisnis. Kompetisi ditujukan untuk persaingan dalam peningkatan mutu pelayanan. Sesuai misi RS Jogja sebagai RS yang bersih, bermutu, cepat dan tidak mahal.

 

Karenanya saat ini RS Jogja juga mengembangkan pembangunan ruang VIP dan ICU, klinik paru dan konseling berhenti merokok, serta pembangunan blok baru 5 lantai.

abi is agusbudi | Tanya Komputer