Detail Berita
SEGORO AMARTO INOVASI UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN
05-11-2012

SEGORO AMARTO INOVASI UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN

 

Gerakan Segoro Amarto menjadi inovasi unggulan bagi Pemkot Yogyakarta dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hasil kajian Tim Ahli IGA (Innovative Government Award) 2012 dan Kementrian Dalam Negeri, Gerakan segoro Amarto di Kota Yogyakarta dinilai unggul dalam menurunkan jumlah penduduk miskin sebagai salah satu target dalam pencapaian pembangunan millennium.  Pada penilaian tahap awal, Gerakan Segoro Amarto berhasil masuk dalam nominator terpilih IGA Award 2012. Penyerahan penghargaan sebagai Nominator Calon Pemenang IGA 2012 diterima Wakil Walikota Yogyakarta Imam Priyono DP, di Jakarta (8/10).

Pada kesempatan itu Imam Priyono menjelaskan, Pemkot Yogyakarta menggodok sebuah konsep gerakan penanggulangan kemiskinan terpadu, dimana penanganan kemiskinan tidak hanya mengandalkan pemerintah saja. Perlu sebuah terobosan baru dimana orang-orang kaya/mampu, kaum intelektual, serta pihak-pihak lain yang memiliki perhatian terhadap kemiskinan juga turut dilibatkan.

Konsep tersebut diterjemahkan dalam sebuah semangat menggerakkan masyarakat agar mampu bekerja sama melakukan perubahan dimulai dari hal terkecil hingga pada akhirnya mampu merubah kehidupan bangsa. Semangat gotong royong dibangkitkan kembali dan dikemas dalam sebuah gerakan bersama masyarakat Kota Yogyakarta dalam penanggulangan kemiskinan. Gerakan ini menekankan pada nilai-nilai luhur masyarakat, dan dinamakan Gerakan Semangat Gotong Royong Agawe Majune Ngayogyakarta (Segoro Amarto). 

Gerakan Segoro Amarto merupakan gerakan bersama seluruh masyarakat untuk pembangunan khususnya penanggulangan kemiskinan, dengan penekanan pada penguatan nilai-nilai budaya masyarakat yang tercermin pada sikap, perilaku, gaya hidup dan wujud kebersamaan dalam kehidupan yang mencakup aspek fisik maupun non fisik.

Secara totalitas filosofi Segoro Amarto dapat dimaknai semangat bersama untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di lingkungannya,  kampung, kelurahan, kota, dan negara. Sadaya Nyawiji Rila Gumreget Ambangun Diri Lan Nagari. (Bersama Bersatu Ikhlas Untuk Membangun Diri Dan Negara)

 

 

 

Teks deklarasi gerakan Segoro Amarto

 

DEKLARASI GERAKAN SEGORO AMARTO

 

Kami Warga Yogyakarta,

Menyatakan Siap melaksanakan Gerakan Segoro Amarto

Menegakkan Disiplin Jujur dan Kerja Keras

Mengembangkan Sikap Peduli Sesama

Dengan Semangat Gotong Royong Semua Beban

dan Permasalahan Ditanggung Bersama

Mewujudkna Masyarakat Bebas Kemiskinan Mandiri Sehat kuat

Sejahtera Adil dan Makmur

 

 

Yogyakarta, 24 Desember 2010

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer