Detail Berita
2012 KOTA YOGYAKARTA BORONG PENGHARGAAN LINGKUNGAN HIDUP
22-10-2012

 

2012 KOTA YOGYAKARTA BORONG PENGHARGAAN LINGKUNGAN HIDUP

 

Walikota Haryadi Suyuti menerima Penghargaan Adipura dari Presiden RI

 

Penghargaan Adipura kategori Kota Besar Terbersih kembali diraih Kota Yogyakarta pada tahun 2012 ini. Bersanding bersama Kota Malang dan Manado, Kota Yogyakarta dinilai berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura untuk Kota Yogyakarta akan diserahkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Selasa (5/6).

Penghargaan plakat Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup untuk nilai terbaik bagi Kota Yogyakarta ini juga diperoleh dari beberapa unggulan, diantaranya Terminal Terbaik Terbersih, dan Pasar Terbaik Terbersih.

Sedangkan untuk kategori sekolah dalam penghargaan bidang Lingkungan Hidup ini diberikan anugerah sekolah Adiwiyata. Di Kota Yogyakarta, SD tarakanita Bumijo dan SD Negeri Tegalrejo 1 berhasil masuk menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional. Adiwiyata ini adalah salah satu program dari Kementrian Lingkungan Hidup bagi Sekolah yang sudah berkomitmen mewujudkan kepedulian lingkungan, menerapkan kebersihan serta berperilaku dan berbudaya lingkungan.

Berbeda dari penghargaan Adipura di tahun-tahun sebelumnya, kali ini Kota Yogyakarta juga berhasil meraih penghargaan melalui Penyusunan Buku Laporan SLHD 2012. Melalui Buku Status Lingkungan Hidup Daerah dapat diketahui kondisi lingkungan di Kota Yogyakarta berupa lingkungan air, udara, lahan, kegiatan industri yang mengakibatkan pencemaran. Juga informasi flora fauna dan peraturan-peraturan daerah yang telah dimiliki oleh Kota Yogyakarta serta data personil yang menangani lingkungan hidup.

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer