Detail Berita
ULANG TAHUN KE-65 PEMKOT JOGJA DIRAYAKAN SEDERHANA
22-10-2012

 

ULANG TAHUN KE-65 PEMKOT JOGJA DIRAYAKAN SEDERHANA

 

Peringatan Hari Jadi ke – 65 tahun  Pemerintah Kota Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 07 Juni 2012 dirayakan secara sederhana oleh pimpinan dan karyawan di lingkungan Pemkot dengan upacara apel bendera di halaman Balaikota Yogyakarta.  Bertindak sebagai pembina upacara Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti sedangkan pemimpin upacara Kepala Bagian Humas Kota Yogyakarta, Drs. Yunianto Dwisutono. Petugas pengibar bendera ditugaskan pada para lurah sekota Yogyakarta.

Sebelum apel digelar, panji Pemkot Yogyakarta yakni Tombak kyai Wijaya Mukti dikirab para abdi dalem keprajan dari  para camat sekota Yogyakarta dengan mengenakan busana Jawa Atela putih. Di belakangnya 1 peleton Polisi Pamong Praja membawa lambang Pemkot Yogyakarta. Semua panji ini diletakkan didepan podium kehormatan. Pada kesempatan itu diarak pula beberapa piala dan plakat  prestasi yang telah diraih Pemkot Yogyakarta selama kurun waktu 2011-2012, diantaranya adalah  Adipura, Adiwiyata Nasional, Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Lingkungan Hidup, penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Walikota dalam sambutannya mengatakan ada 5 kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh jajaran pemerintah Kota Yogyakarta, yakni  pertama, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan penuh totalitas, integritas dan loyalitas sesuai tanggung jawab yang diemban. Ketiga, mengedepankan kepentingan masyarakat dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Kempat, menjalin koordinasi kebersamaan dan saling mengingatkan di antara sesama pegawai dalam menjalankan tugas dan berbagai aspek kehidupan lainnya dengan saling asah, asih, asuh. Kelima semua prestasi harus dimaknai sebagai prestasi bersama dan  tidak boleh mengklaim sebagai prestasi perorangan atau instansi. “Karena hakekatnya suatu prestasi pasti didukung kontribusi banyak pihak,” ujar Walikota.

Terkait dengan penghargaan  yang diraih Kota Yogyakarta Walikota mengajak semua pihak untuk tidak cepat berpuas diri tetapi menjadikannya sebagai pemacu untuk selalu berpikir dan bertindak lebih baik lagi di waktu yang akan datang.

Walikota menambahkan dirinya dan Wakil Walikota Imam Priyono mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah Kota Yogyakarta yang telah menunjukkan dedikasi dan karya nyata serta pengabdiannya sehingga mengantarkan Pemkot Yogyakarta menjadi salah satu organisasi pemerintahan yang terdepan dalam pelayanan publik. Ucapan terima kasih  juga dilayangkan  kepada DPRD Kota Yogyakarta dan Pimpinan Forkompinda dalam penyerapan aspirasi masyarakat serta penciptaan lingkungan yang kondusif  bagi berbagai kegiatan pembangunan di kota Yogyakarta.  Walikota juga mengucapak terima kasihnya kepada seluruh lapisan  masyarakat Yogyakarta yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di Kota Yogyakarta. “Karena pada hakekatnya keberhasilan otonomi daerah dapat dilihat dari tingginya partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan,” ujar Walikota.

Walikota juga menambahkan dirinya dan wakil walikota bersama jajarannya akan bekerja keras untuk menyejahterakan masyarakat kota Yogyakarta. Selain warga masyarakat, Walikota juga akan menyejahterakan karyawannya di lingkungan Pemkot Yogyakarta.

Usai pelaksanaan apel bendera Walikota dan Wakil Walikota melakukan pemotongan tumpeng hari ulang tahun di Pendopo Balaikota. Potongan tumpeng dari Walikota  diberikan kepada Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Dra. Titik Sulastri, sedangkan potongan dari Wakil Walikota diberikan untuk Asisten Pemerintahan Drs. Ahmad Fadli.

Selain upacara bendera, rangkaian Hari Ulang Tahun  Kota Yogyakarta juga diisi dengan peresmian proyek pembangunan yang telah dilakukan Pemkot Yogyakarta. HUT ke 65 Kota Yogyakarta  tahun 2012 bertemakan “Melalui HUT Ke-65 Pemerintah Kota Yogyakarta, Terus Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat dengan Semangat SEGORO AMARTO”.  (@mix)

 

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer