Detail Berita
JOGJA MILIKI 4 SEKOLAH ADIWIYATA
22-10-2012

 

JOGJA MILIKI 4 SEKOLAH ADIWIYATA

 

 

SD Tarakanita Bumijo dan SD Tegalrejo 1 berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2012 dari Kementrian Lingkungan Hidup RI. Kedua sekolah ini menyusul SD Ungaran 1 yang berhasil meraih Adiwiyata Mandiri untuk pertama kalinya di Indonesia, dan SMP Muhammadiyah 1 yang sebelumnya juga meraih penghargaan serupa. 

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Diharapkan dengan penerapan program Adiwiyata ini dapat mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Christina Endang S, Kasubid Pengembangan Sumber Daya Lingkungan Hidup BLH Kota Yogyakarta, di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Keempat sekolah Adiwiyata di Kota Jogja tersebut telah menerapkan 4 komponen program Adiwiyata, yaitu : kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, dan kegiatan lingkungan partisipatif serta pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Mereka juga dianggap berhasil membangun budaya cinta lingkungan dan membantu para peserta didik menjadi individu-individu yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta menjadi salah satu contoh sekolah yang memiliki semangat keberpihakan terhadap keutuhan alam ciptaan. Pendidikan lingkungan hidup menjadi salah satu nilai penting dan mendasar. Etika lingkungan hidup dikemas melalui berbagai aktivitas dan kegiatan yang memberikan kesempatan kepada semua warga sekolah untuk terbiasa membudayakan kebersihan dan cinta lingkungan.

SD Tarakanita Bumijo telah menerapkan program SAMUNTAR (sampah daun Tarakanita). Semua murid diajarkan mengolah sampah dengan benar. Mereka juga melakukan praktik pembuatan kompos dari sampah daun, bahkan hasilnya telah dicoba dijual kepada masyarakat. Diharapkan dengan kegiatan ini akan terbangun kesadaran cinta lingkungan sejak dini. Kedepan SD Tarakanita Bumijo ingin meraih predikat lebih tinggi lagi sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Kencana.

SD Tegalrejo 1 telah beberapa tahun terakhir menerapkan gerakan Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM). Sejak dini siswa dibiasakan menanam dan merawat tanaman. Juga gerakan 3R yang secara nyata telah diterapkan dalam pembiasaan sehari-hari siswa di sekolah.  

 

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer