Detail Berita
WALIKOTA DAN WAKIL BERKENALAN DENGAN KETUA RT/RW
22-10-2012

 

WALIKOTA DAN WAKIL BERKENALAN DENGAN KETUA RT/RW

 

 

Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti dan Wakil Walikota Imam Priyono didampingi para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah berkenalan dengan Ketua Rukun Tetangga dan  Ketua Rukun Warga masa bhakti 2012-2015. Acara perkenalan digelar di gedung pertemuan Grha Bhakti Wanayasa.

Kepala bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta Drs. Hudiakto Prasetyo melaporkan kegiatan perkenalan dan pembekalan para ketua RT dan RW yang baru ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan pembangunan kelembagaan sosial kemasyarakatan yang bertujuan untuk membentuk kepengurusan RT dan RW masa bhakti 2012-2015 sekota Yogyakarta. 

Rangkaian dimaksud diawali dengan sosialisasi pemilihan RT dan RW  yang telah dilaksanakan bulan Januari 2012 dan dilanjutkan dengan proses pemilihan ketua RT dan RW yang dilaksanakan bulan pada bulan Februari hingga Maret 2012. “Semua proses yang sepenuhnya dipercayakan pelaksanaanya kepada Camat dan Lurah ini  berjalan lancar dengan mengedepankan semangat kearifan lokal dan didukung oleh semangat Segoroamarto,”ujar Hudiakto.

Hudiakto mengatakan Bagian Tata Pemerintahan telah mencatat, terjadi pemekaran sejumlah RT.  dan dua RW. Sementara disisi lain ada pula penggabungan lima  RT dan satu  RW.  “Dengan demikian jumlah kepengurusan RT dan RW  saat ini berjumlah 615 Rukun Warga dan 2529 Rukun Tetangga,” tambah Hudiakto.

Sementara itu Walikota Yogyakarta H. Haryadi mengaku terharu atas kesediaan untuk mengabdikan diri  para ketua RT dan RW. "Sebuah pengabdian yang tulus kepada masyarakat  dan tentunya saya berpikir keras dan  mungkin belum ada jawabannya, harus saya ganti dengan apa pengabdian para RT dan RW," tambah Haryadi.

Walikota kembali menegaskan bahwa keberadaan ketua RT dan RW sangatlah berarti. “Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada artinya saya dan pak  Imam di sini, tanpa dukungan dari bapak-bapak dan ibu sekalian yang teramat saya hormati dan saya banggakan,” ujar Walikota.

Atas nama Pemerintah Kota Yogyakarta Walikota mengapresiasi setinggi-tingginya sekaligus mengucapkan selamat atas terpilihnya para ketua RT dan RW masa bhakti 2012-2015.  Menurut Walikota kepercayaan warga kepada para ketua RT dan RW merupakan sebuah amanah yang harus diemban.

Walikota menambahkan terjadinya pemekaran RT dan RW di wilayah Kota Yogyakarta mengindikasikan bahwa dinamika penduduk yang ada di kota Yogyakarta menuntut jangkauan pelayanan yang lebih banyak. Dengan bertambahnya jumlah RT dan RW ini diharapkan kedekatan masyarakat dengan pemerintah akan semakin lebih baik lagi.

Walikota juga berharap agar para RT dan RW memerankan tugas dan fungsinya  sebagai garda terdepan pelayanan publik  bagi masyarakat Kota Yogyakarta. Walikota dan jajarannya akan mengandalkan kehadiran para ketua RT dan RW sebagai mata dan telinga pemerintah.

Acara perkenalan para ketua RT dan RW diisi dengan pembekalan dari masing masing ketua Forum Komunikasi Pimpinan Daerah sesuai dengan bidang kerjanya masing-masing.  Nara sumber yang dihadirkan Kombes Mustaqim Kapolrestra Yogyakarta, Letkol Arh. Ananta Wira, IP. S.Sos, Kardi, SH Kajari Yogyakarta, H. Lutfi, SH ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, dan RR. Titik Sulastri Sekda kota Yogyakarta. (@mix)

 

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer