Detail Berita
Pemkot Bantu Rp. 374 Juta untuk TKA - TPA
28-02-2008

PEMKOT BANTU Rp. 374 JUTA UNTUK TKA-TPA

 

        Pemerintah Kota Yogyakarta memberi bantuan sebesar Rp. 374 juta kepada Taman Kanak-kanak Al-qur’an dan Taman Pendidikan Al-qur’an (TKA-TPA) se-kota. Besaran bantuan masing-masing 1 juta rupiah kepada 345 unit  TKA-TPA,  dan masing-masing 1.5 juta rupiah kepada 14 rayon TKA-TPA di setiap kecamatan, serta 8 juta rupiah kepada Badko TKA-TPA tingkat kota. Kucuran dana ini diharapkan dapat membantu mengatasi kendala sarana dan prasarana pada TKA-TPA.

            Penyerahan dilakukan oleh Wawali H. Haryadi Suyuti, bertempat di Masjid Diponegoro, komplek Balaikota belum lama ini. Pada kesempatan itu sekaligus diresmikan kantor baru Badan Koordinasi TKA-TPA dan kalender akademik tahun 2008.

           Dalam sambutannya H. Haryadi Suyuti mengatakan, proses pembelajaran Al-Qur’an di sekolah-sekolah negeri selama ini terus ditingkatkan, baik secara kualitas maupun kuantitas. Namun ekstrakurikuler dalam bentuk Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) merupakan alternatif yang sangat jitu untuk meretas proses pembelajaran menjadi lebih cepat dan komprehensif. Dengan demikian TPA telah ditempatkan pada posisi yang strategis, karena merupakan alternatif pendidikan yang dapat menyeimbangkan antara aspek kognitif dan aspek afektif, menyeimbangkan ilmu pengetahuan dengan iman dan takwa.

               “Untuk itu pembelajaran di TPA  harus dikembangkan tidak sebatas dapat membaca iqro’ dan Al-Quran saja, tetapi lebih dalam lagi tentang bagaimana mengimplementasikan ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al-Quran menjadi perilaku kehidupan sehari-hari” ujarnya.

          Selain itu, menurut Wawali, dengan akan ditempatinya kantor baru Badko TKA-TPA diharapkan dapat memotivasi pengurus dalam meningkatkan kinerjanya dan mempermudah operasional organisasi. Sedang launching Kalender Akademik Tahun 2008 Badko TKA-TPA Kota Yogyakarta sangat bermanfaat bagi kalender kerja dan panduan kegiatan, sehingga tetap fokus pada pencapaian tujuan organisasi. Semua upaya ini diharapkan akan menarik minat anak-anak terhadap pendidikan Al-Quran.(isma)

abi is agusbudi | Tanya Komputer