Detail Berita
WALIKOTA LAUNCHING BULAN BUKU 2012
22-10-2012

 

WALIKOTA LAUNCHING BULAN BUKU 2012

 

 

Menyambut Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei sekaligus mengawali kegiatan Bulan Buku Jogja 2012, Perpustakaan Kota Yogyakarta selenggarakan kegiatan Festival Literasi. Lounching kegiatan Bulan Buku ini dilakukan oleh Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti secara simbolis bertempat di Halaman Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Dalam laporan kegiatan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta, Dra. Sri Sulastri menjelaskan bahwa Rangkaian acara Bulan Buku Jogja 2012 adalah Gerakan Sumbang Buku atau Bank Buku, Festival Literasi, Lomba Penulisan Cerita Anak, Gebyar Taman Bacaan Masyarakat dan sebagai puncaknya adalah Seminar Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan September. Festival Literasi pada hari itu mengangkat tema Teknologi dan Literasi : Peran Penting Perpustakaan dalam Menghadapi Era Globalisasi.

Acara ini merupakan kerjasama antara Perpustakaan Kota Yogyakarta dengan ATPUSI Kota Yogyakarta. Menghadirkan Sri Rohyanti, M.Lis (staff pengajar UIN Sunan Kalijaga) dan Mardhani Riasetiawan, SE. AK, MT (Koordinator Peneliti FMIPA UGM) sebagai narasumber. Peserta talkshow ini adalah Komunitas perpustakaan, pustakawan sekolah, perguruan tinggi dan juga masyarakat umum sebanyak 150 orang.

Kegiatan lainnya adalah launching dan bedah buku Hanya Ini Untuk Bunda, yang merupakan hasil karya peserta Sanggar Menulis CAHAYA Perpustakaan Kota Yogyakarta. Selain itu, akan dimeriahkan juga dengan pentas seni drama musical berjudul Pelangi Kecil di Balik Bukit yang akan dimainkan oleh peserta Sanggar Menulis Cahaya. Demikian ungkap Sri Sulastri dalam laporannya.

Dalam sambutannya Haryadi Suyuti mengungkapkan apresiasi karena kegiatan Bulan Buku ini bisa bertahan hingga sekarang bahkan semakin meningkat kualitas pelaksanaannya. Menurut data statistik, masalah yang ada sekarang adalah kebiasaan membaca di Indonesia masih terendah di Asia padahal negara lain sudah merupakan life style.

Seperti pada kegiatan Bulan Buku ini perlu tindakan konkret agar sumbangan buku yang telah terkumpul masuk ke Arpusda diolah dengan baik dan dapat sampai di tengah masyarakat. Maka Arpusda harus bisa melakukan ajakan yang menarik masyarakat untuk menumbuhkan kebiasaan membaca, jika perlu dengan jemput bola dan mengajak berbagai pihak terkait. Kegiatan Bulan Buku ini juga merupakan komplemen penting yang mendukung Yogyakarta sebagai Kota Pelajar.

Demikian ungkap Haryadi Suyuti dalam sambutannya yang kemudian secara simbolis membuka rangkaian kegiatan Bulan Buku Jogja 2012 dengan membuka backdrop didampingi Kepala Kantor Arpusda, Ketua Panitia Bulan Buku Jogja 2012, Syarif Toleh, dan Mantan Walikota, Herry Zudianto sebagai penggagas kegiatan Bulan Buku dan Ketua Tim Pengembang Perpustakaan Kota.(byu)

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang kegiatan ini dapat menghubungi Perpustakaan Kota Yogyakarta, Jl. Suroto No.9 Kotabaru Yogyakarta Telp. (0274) 511314 atau melalui website: http//perpustakaan.jogjakota.go.id

dan email :perpus_jogja@yahoo.co.id; kap@jogjakota.go.id

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer