Detail Berita
RW 08 KADIPATEN DAN RW 01 SERANGAN ‘BEBAS ASAP ROKOK’
22-10-2012

 

RW 08 KADIPATEN DAN RW 01 SERANGAN ‘BEBAS ASAP ROKOK’

 

 

Warga yang tinggal di RW 08 Kadipaten Kecamatan Kraton mendeklarasikan rumahnya menjadi area bebas rokok.  Mereka sepakat bahwa seluruh rumah yang ada di wilayah tersebut harus bebas dari asap rokok. Jika ada anggota keluarga yang akan merokok haruslah dilakukan di luar rumah, dan juga menjauh dari balita dan anak-anak. Selain di dalam rumah, larangan merokok juga dilakukan pada saat pertemuan warga. Sehingga diharapkan perokok pasif tidak terkena dampak negatif dari paparan asap rokok.

Kesepakatan ini telah menjadi komitmen bagi 135 kepala keluarga yang tinggal di wilayah itu. Diawali sejak Desember 2011, menurut Agus Subiyanto Ketua RW 08 Kadipaten, “Telah dilakukan sosialisasi terhadap seluruh warga, setelah semua siap segera dilakukan kesepakatan deklarasi rumah bebas asap rokok di wilayah kami.”

Meski tidak ada sanksi yang mengikat bagi pelanggarnya, namun sudah ada ‘wasit’ yang siap mengingatkan anggota keluarganya yang merokok di dalam rumah. “Ibu dan anak-anak menjadi wasit yang bertugas menegur jika ada yang melanggar,” ujar Agus.

Senada hal itu di RW 01 Serangan Kecamatan Ngampilan juga mendeklarasikan rumah bebas asap rokok pada saat yang bersamaan. Semua warga di wilayah ini juga tidak diperkenankan merokok di dalam rumah, di sekitar balita dan anak-anak, juga di pertemuan warga.

Menurut Lurah Notoprajan, Anif Luhur Kurniawan, kesepakatan ini cukup berjalan lancar. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya perokok aktif dan mereka bisa menempatkan diri semestinya. “Dukungan seluruh warga menjadi bagian penting dari kesepakatan bersama ini,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tuty Setyowati mengatakan bahwa Pemkot Yogyakarta menargetkan pada 2014 semua rumah di 45 kelurahan Kota Yogyakarta telah bebas asap rokok. Untuk ini pihaknya bekerjasama dengan Quit Tobacco Indonesia dan fakultas Kedokteran UGM. Sedangkan pada 2012 ini ditargetkan ada 20 RW yang telah bebas asap rokok.

 

( tulisan dibawah untuk ilustrasi.... mohon dilay out yg bagus ya, plus ada juga gambar ilustrasi rumahku bebas asap rokok...)

RUMAH & KELUARGA BEBAS ASAP ROKOK

Seberapa lama asap rokok akan tinggal dan mempengaruhi perokok pasif ?

·      Asap rokok dalam ruangan akan tetap ada/tinggal selama 4-6 jam setelah seseorang merokok.

·      Asap yang mengandung zat kimia akan menempel di dinding, karpet, perabotan dsb dan akan dilepas kembali ke udara.

·      Orang akan tetap menghirup udara dalam ruangan, walaupun perokok sudah tidak ada.

Seberapa jauh sebaiknya orang merokok di luar rumah ?

·      Jarak ideal perokok untuk merokok di luar rumah adalah paling tidak 7,5 meter.

·      Tetapi kalau jarak ini masih sulit dipenuhi (karena jarak rumah yang berdekatan) maka merokok dapat dilakukan di teras atau tritisan pastikan bahwa semua pintu dan jendela ditutup dan asap tidak masuk dalam rumah.

Tujuan rumah bebas asap rokok

Melindungi bukan perokok terhadap asap rokok orang lain.

abi is agusbudi | Tanya Komputer