Detail Berita
PROGRAM KELUARGA HARAPAN UNTUK TINGKATKAN KESEJAHTERAAN
22-10-2012

 

PROGRAM KELUARGA HARAPAN

UNTUK TINGKATKAN KESEJAHTERAAN

 

 

Sebanyak 817 keluarga miskin di Kota Yogyakarta menerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar 258 juta rupiah. Mereka adalah keluarga yang digolongkan dalam Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) sesuai kriteria Badan Pusat Statistik di 5 kecamatan yaitu Umbulharjo, Gedongtengen, Mantrieron, Mergangsan, dan Tegalrejo.

PKH adalah program perlindungan social melalui pemberian uang tunai bersyarat kepada RTSM yang ditetapkan sebagai peserta PKH. Penerima manfaat PKH berkewajiban memeriksakan anggota keluarganya ke Puskesmas dan/atau menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran sesuai ketentuan. Selain menerima uang tunai mereka juga menerima fasilitas pelayanan kesehatan dan pendidikan. Pendamping PKH akan mengarahkan penggunaan dana bantuan ini. 

Sejak program ini sampai di Kota Yogyakarta pada Desember 2011 lalu, hingga saat ini bantuan PKH ini telah dicairkan sebanyak 2 kali. Bantuan 2011 telah selesai disampaikan kepada penerima manfaat pada Januari 2012 lalu, sedangkan untuk program 2012 baru cair sekali pada Juni 2012 dari rencana dua  kali pencairan. Setiap RTSM menerima bantuan maksimal sebesar 2,2 juta pertahun. Besaran bantuan yang diterimakan pada masing-masing RTSM tidak tentu sama karena ditentukan oleh skenario tertentu. Adanya perbedaan komposisi anggota keluarga RTSM maka besar bantuan yang diterima juga akan bervariasi.

Menurut Kasi Bansos Dinsosnakertrans Ari Arif Purnamawati, Alokasi bantuan yang disalurkan dengan PKH dilakukan melalui verifikasi yang ketat sesui prosedur yang ditetapkan Kemensos. Sebelumnya pihaknya telah mengajukan data penerima sebanyak 1129 keluarga namun setelah dilakukan verifikasi oleh tim pendamping PKH, hanya 817 keluarga yang disetujui untuk menerima program ini.

“Penentuan penerima manfaat program ini secara by name by address dilakukan oleh tim pendamping PKH yang dibentuk oleh Kemensos dengan mengunakan data yang diolah oleh BPS. Kita tinggal menyampaikan saja, penyaluran dananya juga didistribusikan langsung melalui BRI,” jelas Ari.

abi is agusbudi | Tanya Komputer