Detail Berita
FORKOM UMKM HADIR DI SETIAP KECAMATAN
22-10-2012

 

Forkom UMKM Hadir di Setiap Kecamatan

 

 

Pemerintah Kota Yogyakarta membentuk forum komunikasi UMKM di tingkat kecamatan se-Kota Yogyakarta. Hingga Mei 2012 telah semua kecamatan mempunyai forkom UMKM yang akan berfungsi untuk menjembatani berbagai program Pemkot Yogyakarta berkaitan dengan pengembangan UMKM.

Kabid Pengembangan Sumberdaya UMKM Disperindagkoptan Kota Yogyakarta, Sugeng Sanyoto mengatakan, “Forkom UMKM telah terbentuk di 14 kecamatan di Kota Yogyakarta. Secara formal telah ada forkom UMKM yang dikukuhkan dengan SK Camat, sedangkan kepengurusannya disesuaikan dengan kondisi masing-masing wilayah.

 

“Fungsi forkom UMKM ini adalah untuk merangkul pelaku-pelaku usaha agar lebih meningkatkan atau mengembangkan usahanya,” jelas Sugeng.

Forkom UMKM adalah lembaga yang diberi kepercayaan untuk mengembangkan, mengidentifikasi dan juga pendataan pelaku UMKM di wilayah kecamatan.  Melalui forkom UMKM ini diharapkan juga akan mampu menjaring berbagai aspirasi dari para pelaku UMKM di tingkat kecamatan.

Keberadaan Forkom UMKM diharapkan akan mampu melaksanakan koordinasi dengan instansi dan lembaga terkait dalam membina pelaku UMKM, memberikan pelayanan konsultasi dan informasi teknis terhadap pemberdayaan dan pengembangan pelaku UMKM, juga memberikan solusi langkah strategis dan aplikatif terhadap permasalahan pelaku UMKM.  

Berdasarkan catatan Disperindagkoptan Kota Yogyakarta saat ini pelaku UMKM di Kota Yogyakarta kurang lebih sebanyak 22 ribu orang, terdiri dari sektor perdagangan, jasa, IMKM, pertanian dan koperasi.

abi is agusbudi | Tanya Komputer