Detail Berita
Anugerah Wahana Tata Nugraha
22-10-2012

 ANUGERAH WAHANA TATA NUGRAHA

 

Wakil Walikota Imam Priyono menerima piala Wahana Tata Nugraha dari Menhub EE Mangindaan di Jakarta

 

Kota Yogyakarta kembali mendapatkan penghargaan yaitu Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2011 Kategori Angkutan untuk Kota Sedang. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan diterima oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono di Kantor Kementrian Perhubungan RI, Jakarta, Selasa (29/5).

Usai menerima penghargaan ini, Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta khususnya kepada Dinas Perhubungan yang telah melaksanakan tugas dengan baik sehingga mampu mewujudkan sarana dan prasarana transportasi yang merupakan pendukung pendistribusian ini dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kadinas Perhubungan, Widorisnomo mengatakan Penghargaan Wahana Tata Nugraha ini menjadi supporting Dinas Perhubungan untuk meningkatkan layanan di bidang transprotasi, kedepan akan dilakukan lebih baik lagi sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik dan puas.

Piala Wahana Tata Nugraha 2011 (yang diterimakan pada 29 Mei 2012) ini merupakan kali kedua bagi Kota Yogyakarta. Sebelumnya pada 2004 Kota Yogyakarta juga memperoleh penghargaan yang sama yang diterimakan pada 2005.

Ada dua aspek dalam penilaian penghargaan ini, pertama adalah aspek sarana, yaitu angkutan umum dalam trayek dan tidak dalam trayek. Kedua aspek prasarana, yaitu prasarana jalan, fasilitas jalan kaki, rambu dan marka, terminal dan fasilitas pengujian kendaraan bermotor. Kota Yogyakarta dinilai menonjol di sektor angkutan karena konsisten mengembangkan sistem angkutan massal.

Khusus untuk angkutan massal jenis kendaraan tidak bermotor Kota Yogyakarta mendapatkan apresiasi positif karena berhasil mempertahankan dan memberikan ruang berkembang dengan baik, yaitu dengan telah diaturnya dalam perwal no 25 tahun 2012 tentang kendaraan tidak bermotor di Kota Yogyakarta. Kendaraan tidak bermotor merupakan salah satu`alternatif transportasi yang nyaman, aman, ekonomis dan ramah lingkungan

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer