Detail Berita
WALIKOTA LAUNCHING SITUS JEJARING PENDIDIKAN STUDENTBOOK
26-06-2012

Walikota Launching Situs Jejaring Pendidikan Studentbook

 

 

SD Muhammadiah 3 Wirobrajan lakukan inovasi dengan program Digital School atau Sekolah Digital dengan mengembangkan aplikasi Studentbook. Launching program ini dilakukan oleh Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti bertempat di lapangan SD Muhammadiah 3 Wirobrajan pada hari Rabu (2/5).

Dalam laporan kegiatan Kepala Sekolah SD Muhammadiah 3 Wirobrajan Suwarjo, S.Pd mengungkapkan bahwa Sekolah Digital dimulai dengan mengembangkan aplikasi jejaring sosial berbasis web yang dapat diakses pada studentbook.co.id. Sudentbook mengintegrasikan sistim informasi akademik, komunikasi akademik dengan stakeholder pendidikan dan e-learning. Semua keperluan pendidikan, ngobrol sesama teman, hingga lain sekolah, guru berkirim PR, murid mengirim tugas, hinggga ortu bisa mengetahui tugas anaknya ada pada aplikasi ini. Diharapkan aplikasi ini bisa menjadi media belajar dan mempermudah komunikasi dengan stakeholder pendidikan.

Dalam sambutannya Haryadi Suyuti mengungkapkan bahwa Ki Hadjar Dewantoro sebagai Bapak Pendidikan Nasional lahir di Yogyakarta sudah meninggal tetapi semangat pendidikan di Jogja tak boleh ikut mati dan harus tetap dipertahankan. Perkembangan teknologi digital semakin yang begitu pesat alangkah baiknya jika dapat pula dimanfaatkan untuk meningkatkan pendidikan nasional.

Diharapkan sistem jejaring pendidikan ini yang tergabung dalam platform Studentbook agar dibangun dengan baik dan dapat dimanfaatkan dengan baik pula. Dengan teknologi jarak diperpendek, informasi global dan dunia dapat dalam genggaman. Tetapi efek buruknya berita negatif pun bisa menyebar sangat cepat. Maka diperlukan juga proteksi sistem untuk mecegah efek buruk yang tidak diinginkan. Sistem ini hendaknya dikelola diawasi dengan baik dan diselaraskan dengan sistem pendidikan.

Ditambahkan Walikota,"Anak jaman sekarang malah semakin canggih dari orang tuanya, maka sesekali orang tua harus ikut memantau penggunaan alat komunikasi putranya. Seperti meneliti pesan yang masuk dan keluar di hape mereka untuk mengawasi pergaulan putra-putrinya, karena teknologi hanyalah suatu alat yang tidak boleh keliru digunakan", demikian pesan Haryadi yang kemudian bersama Kepala Sekolah secara simbolis meresmikan Sekolah Digital di SD Muhammadiah 3 Wirobrajan dengan menekan tombol dan suguhan tampilan animasi. (byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer