Detail Berita
LASKAR BERLIAN PERANGI NYAMUK DI DANUREJAN
26-06-2012

LASKAR BERLIAN PERANGI NYAMUK DI DANUREJAN

 

Laskar Berlian (Bersih Lingkungan Anti Nyamuk) adalah sebutan bagi anak-anak di Danurejan yang melakukan tugas sebagai jumantik (juru pemantau jentik) di wilayahnya. Mereka bisa melaksanakan tugasnya sembari bermain dan belajar pentingnya lingkungan yang bersih bagi kesehatan. Mereka terdiri dari anak-anak kelas 3 SD sampai dengan 8 SMP yang di didik agar peka terhadap lingkungan sekitar.

Laskar Berlian ini diharapkan minimal bisa memantau di rumahnya sendiri atau paling tidak mengingatkan kepada orang tuanya untuk selalu memantau kamar mandi dan lingkungan rumahnya. Mereka juga diberi pengetahuan tentang pemantauan jentik di lingkungan dengan metode yang sama seperti yang dilakukan oleh para Jumantik dewasa.

Bermain sambil belajar, anak-anak ini melakukan pemeriksaan dengan senter di lingkungan sekitar rumahnya, apabila diketahui ada jentik langsung dilaporkan kepada pemilik rumah. Dari program ini, anak-anak berhasil mengetahui proses tumbuh kembangnya jentik-jentik nyamuk sebagai sumber penyakit demam berdarah dan cikungunya sampai taraf penularannya sehingga menyebabkan meninggal dunia bagi para penderitanya.

Menurut Sekcam Danurejan, Rajwan Taufiq, SIP, program ini dimulai pada  Juli 2011, dimana pada waktu itu sebanyak 200 anak mendeklarasikan Laskar Berlian yang disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Drg Tuty Setyowati, Camat Danurejan Octo Noor Arafat, SIP, Kepala Puskesmas Danurejan I dan II, Lurah se-Kecamatan Danurejan serta Tokoh Masyarakat.

”Hingga saat ini jumlah anggota Laskar Berlian Danurejan telah mencapai 320 anak, dengan rincian dari 160 RT masing-masing terdapat 2 anak. Kita harapkan dari program berlian ini anak-anak menjadi berkilau sehat dengan lingkungan yang bersih dan nyaman,” ungkap Rajwan di kantornya beberapa waktu lalu.

Pembentukan Laskar Berlian ini sebagai bentuk penyadaran arti pentingnya lingkungan sehat yang dimulai dari usia anak-anak. Melalui perubahan pola pikir dari anak-anak diharapkan mampu menjadi pribadi yang peka terhadap kesehatan di lingkungannya masing-masing. Dikarenakan  penyadaran arti pentingnya lingkungan sehat dimulai di usia dewasa sangatlah berat. Disamping itu dibentuknya Laskar Berlian untuk mengajak masyarakat bersama-sama dengan perangkat kerja dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat RT untuk aware bersama-sama  mengenai pentingnya menjaga lingkungan sehat. Jadi menjaga kesehatan bukan hanya kewajiban dari pemerintah semata.

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer