Detail Berita
ANNA HARYADI JABAT KETUA DEKRANASDA JOGJA 2012-2017
26-06-2012

Anna Haryadi Jabat Ketua Dekranasda Jogja 2012-2017

 

Ibu Tri Kirana Muslidatun atau akrab disapa Anna Haryadi ditetapkan sebagai Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta masa bakti 2012-2017.  Pengukuhan sekaligus pelantikan pengurus Dekranasda ini dilakukan dalam Musyawarah Daerah Dekranasda Kota Yogyakarta dengan tema “Optimalisasi Peran Dekranas Kota Yogyakartan Dalam Mendukung Pariwisata Yang Berbasis Budaya” yang dibuka oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, bertempat di Ruang Utama Atas Balaikota Yogyakarta, Selasa (8/5).

Ketua Dekranas DIY GKR Hemas yang Syahbenol Hasibuan, menyampaikan menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Musda Dekranasda Kota Yogyakarta ini. Menurut GKR Hemas, dalam menjalankan kegiatannya perlu diperhatikan oleh Dekranas untuk terus dapat menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa, memperkokoh bangsa, mendorong jatidiri dan semangat kewirausahaan.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti  mengatakan, Dekranas sebagai mitra strategis Pemerintah mempunyai fungsi advokasi. Diharapkan juga para pelaku pengrajin anggota Dekranasda ini berorientasi pada market driven yaitu memproduksi barang-barang kerajinan yang berorientasi pada pasar. Kontinuitas produksi juga menjadi sesuatu yang penting, serta progresif dan fokus dalam mengembangkan industri kerajinan.

“Dekranasda Kota Jogja saya harapkan mampu memiliki kepekaan terhadap produk-produk yang laku dijual. Agar meningkatkan pembelian produk perlu juga diikuti dengan peningkatan kualitas, terutama pada desain barang yang update dari waktu ke waktu bahkan bisa menjadi trademark,” tutur Haryadi.

Lebih lanjut Haryadi menjelaskan, Komitmen Pemkot Yogyakarta, akan terus membantu keberadaan Dekranasda untuk bisa menyalurkan kemampuannya pada industri sehingga kedepan bantuan Pemkot Yogyakarta ke Dekranasda bukan bantuan sosial tapi berupa bantuan program.

Saya berharap Kota Yogyakarta kedepan akan memiliki daya saing daerah yang kuat yang bertumpu pada keberadaan pelaku-pelaku industri kerajinan. Ada sinergi yang konkrit antara pengrajin, Dekranasda dan pemerintah dan pada akhirnya pelaku industri kerajinan selalu bangga terhadap pemerintah dan sebaliknya pemerintah memberi support.  Mari bersama-sama kita bangun Kota Yogyakarta dengan bekerja lebih keras, dan cintai Jogja dengan sepenuh hati.

Saat ini tercatat jumlah anggota Dekranasda Kota Yogyakarta sebanyak 185 orang, dengan produk kerajinan antara lain : sutera alam, perak, kuningan, daur ulang, handycraft, lilin hias, batik kayu, topeng, imitasi, bordir, konveksi, home apparel dan lainnya.

abi is agusbudi | Tanya Komputer