Detail Berita
Prestasi Pengujung Tahun : Senam Bugar Lansia Pecahkan Rekor Muri
28-02-2008

PRESTASI PENGHUJUNG TAHUN

SENAM BUGAR LANSIA PECAHKAN REKOR MURI

 

            Kaum lanjut usia (lansia) merupakan salah prioritas pembangunan kota Jogja lima tahun ke depan tak perlu ragu untuk beraktivitas. Karena Pemerintah Kota Yogyakarta dibawah kepemimpinan H Herry Zudianto dan H Haryadi Suyuti telah berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk mereka. Berkaitan aktivitas kaum lansia, dipenghujung tahun 2007 mereka berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) melalui gelar massal Senam Bugar Lansia dan pengukuran tekanan darah terbanyak bertempat di Stadion Kridosono (30/12).

            Pemecahan rekor MURI dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2007, Pemerintah Kota melalui Dinas Kesehatan menggelar Senam Bugar Lansia dengan peserta wanita terbanyak diikuti 3.135 orang dan pemeriksaan tekanan darah terbanyak diikuti 3.297 orang dengan waktu tercepat 40 menit.

            Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Dr. Choirul Anwar mengatakan, penanganan kesehatan wara lansia merupakan salah satu prioritas pemerintah daerah. Karena saat ini warga berusia 60 tahun lebih telah menduduki porsi signifikan dalam piramida penduduk Kota Jogja. Data tahun 2006 jumlah lansia menunjukan 40.315 jiwa atau kurang lebih sembilan persen dari jumlah pendudukan Kota Yogyakarta yaitu 443.112 jiwa.

Choirul menambahkan, angka harapan hidup di kota Yogyakarta memang cukup tinggi yaitu mencapai 69 tahun lebih untuk laki-laki dan 72 tahun untuk perempuan. Bila dibanding harapan hidup nasional yaitu 69 tahun, maka rata-rata harapan hidup di kota Jogja ternyata jauh lebih tinggi, imbuhnya.

            Kegiatan ini selain menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan lansia, juga bertujuan membangkitkan semangat persaudaraan antar sesama lansia. Dengan begitu lansia akan semakin termotivasi dan bersemangat melakukan kegiatan positip, bahkan akan muncul prestasi-prestasi lain, kata Choirul.

abi is agusbudi | Tanya Komputer