Detail Berita
WARGA GOWONGAN BERTEKAD MENUJU KAMPUNG PANCASILA DAN KAMPUNG HIJAU
06-03-2012

 WARGA GOWONGAN BERTEKAD MENUJU KAMPUNG PANCASILA DAN KAMPUNG HIJAU

 

 

Warga Gowongan bersepakat menjadikan kampung mereka sebuah kampung yang hijau dan Pancasilais. Kesepakatan ini ditandai dengan penanaman pohon bersama warga Gowongan  dan Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti di tengah Kampung Gowongan, depan halaman SMK. Negeri 7  Gowongan Kidul Yogyakarta, Senin (26/12/2011).

Ketua Panitia Penanaman dan Pencanangan Kampung Hijau  dari Paguyuban  RW-RW sekampung Gowongan  Sapto Nugroho menjelaskan  kegiatan penanaman pohon ini menandai dimulainya  gerakan kampung hijau, yakni sebuah gerakan warga dalam mendukung program pengembangan hutan kota, berbasis halaman  atau pekarangan rumah. Kegiatan ini juga sekaligus mengaktualisasikan  Segoro Amarto.

Sapto Nugroho menambahkan  selain menjadikan kampungnya hijau, warga Gowongan juga ingin menjadikan kampung mereka sebagai kampung yang pancasilais. “Kami ingin menjadikan kampung kami sebagai kampung Pancasila. Artinya, kampung yang warganya betul betul melaksanakan nilai-nilai yang tekandung dalam sila-sila Dasar Negara yakni Pancasila dengan baik, bukan saja dihafalkan. Selain itu, Kampung Pancasila ini menandai niat  warga Gowongan  untuk memulai perjalanan menuju peradaban baru,” ujar Sapto.

Sapto menambahkan, gerakan untuk menjadikan Gowongan  sebagai kampung yang hijau dan pancasilais merupakan gerakan yang  berasal dari masyarakat bawah (grassroot) yang kemudian disokong sepenuhnya oleh pemerintah.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti  menyambut baik kegiatan warga  Gowongan untuk menjadikan kampungnya senjadi kampung yang hijau dan kampung  Pancasila.  Dikatakan, komitmen untuk menjadikan kampung hijau merupakan keinginan yang tumbuh dari warga sendiri dan bukan dari pemerintah.”Kampung hijau ini bukan kami (pemkot) yang mencanangkan, tetapi Pemerintah Kota Yogyakarta hanya ikut membantu.  Sebenarnya komitmen ini tumbuh secara ‘buttom up’  dari warga sendiri. Dan tinggal kita (Pemkot)  mengakselerasinya saja,” ujar Haryadi.

Komitmen  warga menjadikan Gowongan sebagai kampung Pancasila, menurut Walikota merupakan hal yang unik. Haryadi berharap kampung Pancasila bukan saja warganya yang menghafal sila-silanya saja, tetapi  yang terpenting bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila bisa menjadi nilai dalam kehidupan masyarakat. “Saya harap nilai yang terkandung di kelima sila, jangan ya cuma dihapalkan saja, tetapi coba untuk diamalkan dan menjadi nilai dalam kehidupan  bermasyarakat. Sayapun berharap semua kampung di wilayah Kota Yogyakarta memiliki keunikan  dan kekhasan sendiri yang tumbuh dan berkembang dari mereka,” tambah Walikota.

Berkaitan dengan program pengembangan hutan kota, Walikota berharap warga masyarakat ikut mendukung dengan menanami lahan pekarangan rumah yang kosong dengan tanaman dan pepohonan. Sedangkan pohon-pohon  yang sudah ditanam agar dirawat dan dipelihara dengan baik.

Untuk menghijaukan  kampungnya warga Gowongan  menanam tiga jenis tanaman hutan yakni pohon Gaharu, Jati putih, dan Nyamplung. Ditanamnya tiga jenis tanaman ini dimaksudkan agar bisa memberi hasil bagi warga masyarakat berupa gaharu, kayu jati untuk industri furnitur, dan Bio Energy (bio fuel) dari pohon Nyamplung.  Pemilihan pohon tanaman hutan diharapkan memberikan  efek kerindangan, kesegaran, keindahan, kemangkusan, kemandirian dan kesejahteraan bagi warga sekitarnya.

Pada kesempatan, Walikota dan warga Gowongan menyanyikan  sebuah lagu ciptaan Calvin Christian Yulianto berjudul : Go Green, Hijaukan Tanahmu.

Ayo kita menanam, hijaukan dunia.

Buat bumi tersenyem, hindari bencana

Langkah kita bijaksana, wujudkan tekadmu

Satu pohon yang kau tanam, sejukkan duniamu

 

Go green, hijaukan tanahmu

Go green hijaukan bumimu

Agar dunia dapat terus tertawa

Untuk anak cucu kita, marilah berkarya

 

Tanam pohon di lahanmu, hijaukan rumahmu

Ajak kawan dan sobatmu, hijuakan negerimu

Bikin bumi gembira, hindari bencana

Satu pohon yang kau tanam, sejukkan dunia. (@mix)

 

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer