Detail Berita
PANITIA NATAL KARYAWAN KRISTIANI KOTA JOGJA BERBAGI KASIH DI PANTI ASUHAN BAKTI LUHUR
06-03-2012

 

 

PANITIA NATAL KARYAWAN KRISTIANI KOTA  JOGJA BERBAGI KASIH DI PANTI ASUHAN  BAKTI LUHUR

 

 

 

Panitia Natal bersama karyawan PNS Kota Yogyakarta tahun 2011 melaksanakan bakti sosial dengan  mengunjung Panti Asuhan (PA)  Bakti Luhur, di wilayah Berbah Sleman Yogyakarta, dan memberikan bantuan mesin pompa air di  2 kelurahan di kecamatan Gondokusuman,  Rabu (18/01).  Kedatangan rombongan Panitia yang diketuai  Chang Wendryanto, SH ini mendapat sambutan hangat dari para penghuni dan pengasuh  panti  asuhan.

Sr. Dominica, Alma menjelaskan  PA.  Bakti Luhur merupakan sebuah panti asuhan umum yang menampung para penyandang cacat ganda dan diasuh oleh para suster  kongregasi ALMA yang berpusat di Malang Jawa Timur.  Dijelaskan, penghuni panti berjumlah 29 orang dari berbagai usia dan latar belakang. “ sia yang  termudah 2,5 bulan dan tertua 78 tahun. Banyak dari mereka merupakan orang yang berkebutuhan khusus dan penyandang cacat ganda, serta tidak memiliki sanak keluarga. Ada pula yang dititipkan oleh ibunya,  atau keluarganya,” ujar Sr. Dominica.

Suster Dominica menjelaskan , meskipun yayasan mereka merupakan sebuah yayasan Kristiani, namun dalam   memberikan pelayana, mereka  tidakmembedakan dari mana orang tersebut berasal, dan  apa agama yang mereka sandang. Dikatakan, selain merawat ke-29 orang di PA Bakti Luhur, merekajuga  melakukan program yang disebut CBR, yakni Cari, Bina, dan Rawat. Alhasil, dengan program ini mereka dapat menemukan 28 orang lagi di luarpanti untuk mendapat sentuhan kasih.” Setiap hari kami keluar mencari orang-orang yang sangat memerlukan bantuan. Kalau sudah didapatkan kami akan rawat dan bina mereka,”tambah Sr. Dominica.

Ditambahkan, untuk  membiayai hidup  PA. Bakti Luhur  mendapatkan bantuan dari yayasan dan  uluran tangan dari para donatur. PA. Bakti Luhur  yang dikepalai Sr. Tri  Kodiyati, Alma ini diasuh  oleh 4 orang  Suster Kongregasi ALMA dan dibantu 4 orang perawat.  Selain merawat , para pengasuh juga mengajari penghuni panti dengan berbagai keterampilan. “ Selain merawat , kami juga memberikan mereka  keterampilan  seperti membuat gantungan kunci, membuat lilin, beternak ikan dan lainnya. Harapannya suatu saat mereka bisa mandiri dan bisa membantu minimal bagi diri mereka sendiri. Bagi anak yang sudah memasuki usia sekolah kami masukan mereka di sekolahan. Sekarang ini ada dua anak yang sudah  masuk SLB,” ujar Suster Dominica.

Sementara itu, Ketua Panitia Natal Bersama  2011, Chang Wendryanto mengatakan bantuan kepada Panti Asuhan dan mesin penyedot air  ini merupakan ungkapan suka cita natal  dari para karyawan Kristiani Kota Yogyakarta kepada sama saudaranya yang membutuhkan.  Bantuan diberikan berupa paket sembako kepada PA. Bakti Luhur dan mesin pompa  air bagi warga masyarakat  yang berada di bantaran sungai Belik Gondokusuman. Dan khusus PA. Bakti Luhur  Berbah Sleman diberikan juga bibit ikan untuk ditebar di kolam yang telah disiapkan. (@mix)

 

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer