Detail Berita
Pemkot Berikan Bantuan Perumahan Anggota Koperasi
05-01-2012

 

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Kota Yogyakarta kembali berikan bantuan kepada warganya melalui keanggotaan koperasi. Kali ini bantuan yang diberikan berupa subsidi uang muka perumahan pekerja/buruh melalui koperasi pekerja/buruh di wilayah Kota Yogyakarta. Secara simbolis bantuan diserahkan Wakil Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti kepada perwakilan Koperasi.

Dalam laporan penyelenggaraan Ka Bid. Pengawasan dan Hubungan Industrial Dinsosnakertrans, Wahyu Widayati, SH bahwa pemberian bantuan dana bertujuan meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh khususnya dibidang perumahan dan membangun mitra kerja antara Pemerintah, Perusahaan dan Koperasi Pekerja/Buruh dalam upaya pengembangan kesejahteraan pekerja/buruh. Sumber dana berasal dari DirJen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.

Penerima bantuan subsidi Program Uang Muka Perumahan Pekerja/Buruh melalui Koperasi Pekerja/Buruh tahun anggaran 2011 sebanyak 129 pekerja, untuk masing-masing pekerja sebanyak 2 juta rupiah sehingga totalnya 258 juta rupiah. Dana ini diserahkan melalui 4 koperasi yaitu Koperasi Melia Purosani sebanyak 18 pekerja/buruh, Koperasi Karyawan Hotel Phoenix sebanyak 14 pekerja/buruh, Koperasi Karyawan Hotel Ibis sebanyak 6 pekerja/buruh dan Koperasi Karyawan Mirota Kampus sebanyak 91 pekerja/buruh. Demikian ungkap Wahyu Widayati dalam laporannya.

Wakil Walikota dalam sambutannya mengatakan, dana bantuan ini hendaknya disalurkan oleh koperasi sehingga dapat bermanfaat dan dirasakan oleh mereka yang membutuhkan. Dana yang dimiliki para pekerja/buruh dapat digunakan untuk kebutuhan lain seperti peningkatan gizi atau pendidikan anaknya.

Haryadi Suyuti juga berpesan kepada penerima untuk menggunakan bantuan sebijak mungkin untuk pengadaan perumahan. Karena penerima merupakan pekerja/buruh terpilih dari kurang lebih 5000 anggota koperasi dari sekitar 150 koperasi yang terdaftar di Kota Yogyakarta. (byu)



 

abi is agusbudi | Tanya Komputer