Detail Berita
DBKS TEGALPANGGUNG JAWARA KOTA YOGYAKARTA
05-01-2012

 

Tingkat pertisipasi masyarakat yang tinggi, serta kebersamaan warga dalam setiap kegiatan menjadikan Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) Kelurahan Tegalpanggung berhasil menjadi terbaik dalam evaluasi tingkat Kota Yogyakarta. Atas prestasi itu DBKS Tegalpanggung berkesempatan dievaluasi oleh Tim DBKS Tingkat Provinsi DIY Tahun 2011 Senin (31/10) bertempat di Kompleks Masjid Mubarok.

Tim yang diketuai oleh Zainal Abidin, M.PDi melakukan penilaian pada 5 (lima) bidang meliputi Bidang Kehidupan Beragama dan Ibadah dalam Keluarga dan Masyarakat, Pendidikan, Kesehatan Keluarga, Ekonomi Keluarga dan Hubungan Fungsional Yang Seimbang, Serasi, dan Selaras. Tim diterima oleh Walikota Yogyakarta diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan pembangunan, Hadi Mochtar,SE,MM.

Terdapat 10 titik lokasi kegiatan unggulan DBKS di Tegalpanggung ini diantaranya ialah : Usaha binaan DBKS : Roti Nila, Posyandu Balita RW.05, Rumah KS 1 Bapak Indri Purnomo, Poskamling RW.01, Usaha kuliner RW.08,09 dan 10 untuk RW 08 juga sekaligus sebagai sampel kawasan bebas rokok, Rumah KS 2 Bapak Rukiman Pengolahan Sampah di RW.10, Rumah Sehat Ibu Noor Aini, PAUD RW.14 dan Pasar Murah, serta BKB dan Lansia.

Selain Dewan Masjid Indonesia yang aktif dengan banyak kegiatannya, warga di Kelurahan Tegalpanggung juga aktif dengan kegiatan Lembaga Pendidikan Pengembangan Agama dalam pengajian rutin. Dalam pengajian tersebut selalu disisipkan pembinaan mengenai DBKS. Pengajian ini selain dihadiri oleh warga masyarakat juga terlibat aktif di dalamnya pengurus RT/RW, kader motivator, pengurus LPMK, BKM dan organisasi masyarakat lainnya.

Antusias warga masyarakat menyambut datangnya Tim Evaluasi dilakukan dengan penyambutan di setiap gang yang dilalui, seluruh potensi ditampilkan berupa kesenian, kuliner, dan kerajinan. Di wilayah RW 08, 09, 10, kuliner berjajar dari utara sampai selatan seperti layaknya pasar Ramadan. Hal ini juga direspon baik oleh Tim Evaluasi dengan menyempatkan diri untuk mencicipi makanan yang disajikan, seperti berbagai jajanan pasar, minuman, bakso dan sate lontong.

Lurah Tegalpanggung Pargiyat,SIP menuturkan bahwa tim memberikan apresiasi positif terhadap upaya nyata dan luar biasa yang dilakukan warga Tegalpanggung. Kegiatan mereka dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan berbagai unsur elemen masyarakat maupun pemerintah wilayah dalam mewujudkan Kelurahan Sakinah.

“Hal ini tak lepas dari Gerakan SEGORO AMARTO maupun slogan DANUREJAN SIGRAK (Sawiji ing Greget Raharjo Awit Karep) yang secara terus menerus diinternalisasikan kepada masyarakat. Sinergisitas yang sangat menonjol dan nyaris sempurna sebagai modal sosial pembangunan semoga dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan guna mewujudkan masyarakat yang bahagia lahir dan batin, aman, tentram dan mempunyai nilai tinggi didalam norma kehidupan beragama sesuai tuntunan Al Qur’an dan Sunnah Rosul,” jelasnya.

Melalui program DBKS diharapkan akan mampu mempercepat proses dalam mewujudkan keluarga sakinah, secara sistematis dan berkelanjutan melalui tahapan-tahapan yang melibatkan unsur keluarga, masyarakat serta lingkungan yang Islami serta adanya sarana dan prasarana yang memadai. (tim)



 

abi is agusbudi | Tanya Komputer