Detail Berita
KELUARGA HERRY ZUDIANTO SUMBANG 108 BUKU UNTUK MASYARAKAT KOTA JOGJA
22-12-2011

 

Empat orang anak Sekolah Dasar (SD) dan enam anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) didampingi Wakil Walikota Yogyakarta dan beberapa pendamping dari Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakata, mendatangi rumah Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto di Jl. Golo No. 19 Umbulharjo Yogyakarta. Kedatangan mereka bukannya mau berdemo atau membuat onar tetapi meminta sumbangan buku kepada kepala Pelayan Kota Yogyakarta itu. Rombongan yang datang dengan mengenakan kostum berwarna kuning dipadu oranye dengan tulisan Ayo Sumbang Buku di dadanya dan topi berwarna sama disambut Walikota dan ibu di ruang aula pertemuan keluarga, Rabu,(9/11). Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut Bulan Buku Nasional.

Di atas meja telah tersedia dua dos penuh berisi 108 buku dengan beragam judul. Selain itu ada kamus, ada buku bacaan ilmiah, ada buku bacaan popular, ada buku tentang agama, ada majalah, ada buku cerita dan ada pula buku bacaan kesukaan anak-anak yakni komik. Buku-buku bacaan keluarga Herry ini akan diserahkan kepada masyarakat Yogyakarta melalui Kantor Arpusda Kota Yogyakarta.

H. Herry Zudianto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada anak-anak yang telah datang mengetuk pintu rumahnya, meminta sumbangan buku kepada keluarganya untuk disalurkan ke Taman-Taman Bacaan yang ada di kota Yogyakarta. Herry berharap kegiatan membaca dapat dijangkau oleh semua dengan satu konsep yakni pendidikan untuk semua dan pendidikan sepanjang hayat. Walikota juga berharap agar pelajar-pelajar Yogyakarta menjadi pelopor anak Indonesia untuk gerakan gemar membaca sekaligus menjadi penggiat gerakan sumbang buku dan gerakan gemar membaca di masyarakat .

Walikota pada kesempatan itu menyerahkan secara simbolis kepada seorang anak salah satu buku tentang BJ. Habibie mantan Presiden RI dan sebuah karyanya Kekuasaan sebagai Wakaf Politik. Sedangkan Ibu Dyah Suminar Zudianto menyerahkan sebuah buku yang menjadi kesukaan anak dan cucunya berjudul Petualangan dalam Bunyi.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti menjelaskan gerakan sumbang buku diharapkan bisa mendapat dukungan dari masyarakat untuk membuat sebuah kepedulian bahwa buku yang ada di rumah yang sudah tidak dibaca bisa bermanfaat bagi masyarakat yang lain. Cara yang dilakukan antara lain dengan adanya gerakan sembangan buku dari Walikota Yogyakarta. “Gerakan sumbang buku yang dilakukan pak Herry secara pribadi beserta ibu dan keluarga kepada Bank Buku atau melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta (Arpusda) ini mau memberikan keteladanan kepada masyarakat untuk mau melakukan hal yang sama,” ujar Haryadi.

Dijelaskan apabila masyarakat yang ingin menyumbangkan buku bisa dilakukan dengan menelpon ke Kantor Arpusda dan akan diambil atau masyarakat bisa datang langsung ke Kantor Arpusda Kota Yogyakarta. Sebenarnya ada juga cara ‘door to door ‘ (rumah ke rumah) untuk meminta sumbangan buku, namun menurut Haryadi kegiatan ini untuk sementara dipasifkan dulu. Hal ini dimaksud untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan sumbangan buku.

Haryadi lebih lanjut menjelaskan bahwa kegiatan menyambut Bulan Buku ini tidak hanya sebatas mengumpulkan buku saja tetapi juga mengedarkan ke masyarakat melalui Taman Bacaan Masyarakat yang jumlahnya mencapai 172 buah dan tersebar di Kota Yogyakarta. Haryadi menargetkan 1 juta buku akan beredar di masyarakat. (@mix)



 

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer