Detail Berita
DANA 100 JUTA UNTUK REWARD PENDERITA TBC SEMBUH
22-12-2011

 

Pemerintah Kota Yogyakarta menyediakan dana 100 juta rupiah sebagai bantuan sosial yang diberikan bagi warga penderita TBC sembuh beserta kader pendampingnya. Dana yang disediakan dari APBD 2011 ini akan diberikan dalam dua tahap bagi 200 orang penderita tuberkulosis sembuh dan 200 orang pengawas menelan obat (PMO) dalam program penanggulangan tuberkulosis di Kota Yogyakarta. Hal ini disampaikan dr. Endang Sri Rahayu Kasie Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Yogyakarta di balaikota beberapa waktu lalu.

Dikatakan Endang, reward ini diberikan untuk meningkatkan motivasi penderita TB BTA (+) agar sembuh. Hal ini dikarenakan penderita perlu bersabar dan telaten dalam melakukan pengobatan hingga tuntas. Dalam pelaksanaan program penanggulangan tuberkulosis pihaknya menggunakan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse) di seluruh unit pelaksana kesehatan di Kota Yogyakarta. Dari data Dinkes Kota Yogyakarta pada 2010 telah tercapai indikator kesembuhan sebesar 79% dari target 85% penderita tuberkulosis. Sedangkan jumlah penderita yang berobat di pelayanan kesehatan Kota Yogyakarta sampai Juni 2011 tercatat sebanyak 458 orang.

Pada tahap pertama pengucuran bantuan sosial ini akan diberikan bagi 100 penderita TBC sembuh dan 100 orang PMO dengan total dana sebesar 50 juta rupiah. Bantuan ini diterimakan pada bulan Oktober 2011. Masing-masing penderita sembuh akan menerima sebesar 300 ribu rupiah sedangkan kader pendamping PMO menerima 200 ribu rupiah.

Endang berharap bagi warga yang mempunyai gejala batuk-batuk agar segera berobat ke pelayanan kesehatan terdekat. Tidak perlu malu untuk berobat karena penyakit TBC dapat disembuhkan dengan pengobatan teratur. Semua puskesmas di Kota Yogyakarta menyediakan pengobatan gratis baik bagi warga kota maupun luar Kota Yogyakarta.



 

abi is agusbudi | Tanya Komputer