Detail Berita
WAKIL WALIKOTA YOGYAKARTA TINJAU PELAKSANAAN E-KTP
29-11-2011

 

 

Proses perekaman data untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bagi warga Wajib KTP di Kota Yogyakarta telah memasuki hari kesepuluh. Pada hari ke-10 ini Wakil Walikota Yogyakarta, H. Hayadi Suyuti didampingi PLT. Sekda Muh. Sardjono , SH, Kepala Bagian TIT Kadarisman, Kepala Dinduk Capil Nur Afandi SH, Kepala DBGAD Hari Satya Wacana, dan Kabag. Humas dan Informasi Yunianto Dwisutono melihat secara langsung proses perekaman data di kecamatan Kotagede dan Umbulharjo.

Haryadi Suyuti mengatakan sampai dengan hari kesepuluh pelaksanaan perekaman data bagi warga wajib KTP di Kota Yogyakarta berjalan baik. Melihat secara langsung apa yang terjadi di lapangan Haryadi menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya akan peran serta warga masyarakat Yogyakarta untuk mengikuti proses perekaman data pribadi para wajib KTP.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi tingginya dan berterima kasih kepada seluruh warga Kota Yogyakarta atas peran sertanya dalam memenuhi undangan untuk merekam data pribadinya berupa perekaman sidik jari, iris mata, tanda tangan dan foto untuk keperluan pembuatan KTP Elektonik. Tanpa peran serta dan kesadaran yang tinggi dari masyarakat pasti proses ini menemui hambatan,” ujar Haryadi Suyuti. Haryadi mengatakan rata-rata tingkat partisipasi warga kota Yogyakarta sampai dengan hari kesepuluh ini berkisar 70 hingga 80 persen.

Haryadi menambahkan secara teknis ditemukan beberapa hal kecil yang terjadi di lapangan seperti matinya listrik, sehingga dapat mengakibatkan terganggunya sistem perekaman dan penyimpanan data. Namun untuk mengatasi kendala ini, Haryadi mengatakan telah diatasi oleh Dinas terkait di lingkungan Pemkot Yogyakarta.

Melihat kondisi di dua kecamatan yang dikunjungi Haryadi merasa optimis pelaksanaan perekaman data warga wajib KTP di Kota Yogyakarta akan berjalan lancar dan dapat memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan yakni akhir Desember 2011 ini. “Saya optimis pelaksanaan E-KTP di wilayah kota Yogyakarta ini akan memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan,” ungkap Haryadi.

Untuk mencapai harapan itu, Haryadi kembali mengajak seluruh warga masyarakat Kota Yogyakarta untuk berpartisipasi aktif memenuhi undangan perekaman data tersebut. Warga yang belum mendapat undangan, Haryadi berpesan agar tetap bersabar menunggu giliran untuk diundang .

Haryadi juga memberikan apresiasi kepada para petugas yang sampai dengan hari kesepuluh ini masih memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat . (@mix)



 

abi is agusbudi | Tanya Komputer