Detail Berita
ZONA NUKLIR HADI DI TAMAN PINTAR JOGJA
29-11-2011

 

 

Berbicara tentang nuklir orang akan mengingat peristiwa tragis yang merenggut banyak korban di Nagashaki dan Hiroshima, atau peristiwa bocornya reaktor nuklir akibat bencana alam gempa di Fukushima Jepang . Namun dibalik beberapa peristiwa itu ternyata nuklir banyak sekali memberi kamanfaatan bagi kehidupan manusia. Demikian sambutan Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional ( BATAN) Dr. Hudi Hastowo pada acara peresmian Zona Nuklir di Taman Pintar Yogyakarta, Sabtu,(15/10/2011).

Dr. Hudi Hastowo menjelaskan tenaga nuklir bisa dimanfaatkan untuk kepentingan manusia . Di bidang pertanian misalnya BATAN telah menghasilkan 16 jenis padi varietas unggul yang dikembangkan dengan teknik Mutasi dan Radiasi atau Mira. Selain padi juga dikembangkan Sorgum dengan teknik Mira . BATAN juga telah menghasilkan Formula Pakan Ternak dengan menggunakan teknik mutasi dan radiasi. Di bidang kesehatan, menurut Hastowo, telah banyak menggunakan tenaga nuklir. Rontgen misalnya, merupakan salah satu yang menggunakan nuklir. Manfaat lain energi Nuklir, dapat digunakan untuk pendeteksi sumber air dalam, pembangkit listrik dan lain sebagainya.

Hudi Hastowo berharap kehadiran Batan di Zona Nuklir Taman Pintar Yogyakarta dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa nuklir tidak selalu membahayakan tetapi sebaliknya nuklir dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.Hastowo juga berharap Taman Pintar Yogyakarta dapat lebih mengembangkan kerja samanya dengan Batan ke depan untuk lebih mengenalkan manfaat dari energi nuklir.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto sangat menyambut baik keberadan Zona Nuklir di Taman Pintar Yogyakarta. Menurutnya, selain menambah jumlah konten yang ada di Taman Pintar, ada manfaat besar lain yang diperoleh dengan kehadiran Zona Nuklir ini yakni mendidik generasi muda Indonesia khususnya Yogyakarta untuk mengenal dan belajar IPTEK. Menurut Walikota penambahan Zona Nuklir ini akan menjadi bagian dari langkah besar Taman pintar dalam mendidik generasi muda. “ Kalau kita bicara kemajuan harus ada penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terlebih dahulu,” ujar Walikota.

Walikota berharap BATAN dapat menghadirkan Iptek yang berkaitan dengan energi Nuklir dan manfaatnya kepada pengunjung Taman Pintar dengan cara yang mudah dipahami. Agar masyarakat lebih tahu akan manfaat energi Nuklir dan bisa mencintai dalam kehidupan sehari-hari. Walikota juga mempersilakan BATAN untuk mengisi konten di Taman pintar sesuai dengan apa yang dimiliki BATAN.

Sementara itu pula, Kepala Pusat Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nuklir BATAN Totti Tjiptosumirat menjelaskan Zona Nuklir yang menempati ruangan berukuran 6x10 meter ini dibagi tiga kawasan.yakni kawasan Diorama Pengukuran Aktivitas Radiasi, kawasan Fasilitas Information Communication Technology (ITC) dan kawasan Peraga Simulator Reaktor Nuklir.

Ruang Diorama Pengukuran Aktivitas Radiasi dikhususkan untuk memberikan informasi dan penegetahuan mengenai karakteristik atau sifat sumber radiasi dan radioaktivitas, setrta filosofi proteksi terhadap radiasi dengan media simulasi pengukuran aktivitas radiasi. Kawasan Fasilitas Information Communication Technology (ITC) merupakan sebuah wahana pembelajaran untuk memahami iptek nuklir melalui media interaktif secara mandiri dan menyenangkan, sedangkan kawasan Peraga Simulator Reaktor Nuklir merupakan wahana pembelajaran untuk memahami prinsip dan cara kerja reaktor nuklir, mulai dari reaksi nuklir yang terjadi di dalam reaktor hingga dihasilkan listrik.

Pada kesempatan itu, dilakukan penantandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara BATAN dan Pemerintah Kota Yogyakarta yang ditandatangani Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto dan Kepala BATAN Dr. Hudi Hastowo.

Bersamaan acara peresmian ini dilaksanakan juga diskusi interaktif dan lomba edukasi oleh Tim Pusat Diseminasi IPTEK Nuklir (PDIN) BATAN yang diikuti 120 siwa dan guru pendamping dari berbagai SMP dan SMA se-DIY. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi peserta mengenai peran nuklir dalam kehidupan masyarakat.(@mix)



 

abi is agusbudi | Tanya Komputer