Detail Berita
Wajib Pajak Terima Dana Pembinaan
28-02-2008

WAJIB PAJAK TERIMA DANA PEMBINAAN

 

        Sebanyak 493 Wajib Pajak Hotel dan Pajak Restoran se Kota Yogyakarta memperoleh uang pembinaan dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Uang pembinaan disampaikan secara simbolis oleh Wakil Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti kepada tiga pimpinan hotel terkenal di Yogyakarta bertempat di  Pendopo Rumah Dinas Walikota, beberapa waktu lalu. Tiga pimpinan hotel penerima uang pembinaan antara lain adalah Pimpinan Hotel Novotel, Hotel Melia Purosani dan Hotel Inna Garuda, karena selama ini cukup tertib dalam memberikan kontribusi kepada Pemkot Yogyakarta.

        Wakil Walikota H Haryadi Suyuti mengatakan, pemkot menyampaikan rasa terimakasih kepada wajib pajak yang telah memenuhi ketentuan perpajakannya sebagai obyek pajak hotel dan restoran. Karena pajak hotel dan restoran merupakan kontribusi penting bagi pembangunan Kota Yogyakarta dan pelayanan kepada masyarakat. Ditambahkan, pajak bukan termasuk iuran tapi merupakan ketentuan yang diatur dalam perundangan dan merupakan kewajiban sebagai akibat aktivitas usaha baik itu hotel atau restoran. ”Semoga pemahaman ini merupakan bagian dari komitmen untuk mengembangkan dan membangun Kota Yogyakarta.” tambah Wawali.

        Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Daerah Kota Yogyakarta, Heru Priya Warjaka, SE mengatakan, pemberian bantuan dana pembinaan diharapkan dapat memberi contoh positif dan bermanfaat bagi wajib pajak khususnya wajib pajak hotel dan restoran. Ditambahkan, tahun 2007 pemkot memberikan uang pembinaan  kepada 493 Wajib Pajak Hotel dan Wajib Pajak Restoran senilai Rp 279.025.000,-

        Lebih rinci Heru menjelaskan, Wajib Pajak Hotel penerima uang pembinaan sebanyak 200 Wajib Pajak dengan uang pembinaan sejumlah Rp 186.650.000, Wajib Pajak Restoran sejumlah 141 Wajib Pajak senilai Rp 80.475.000,- dan Wajib Pajak Restoran khusus kaki lima sejumlah 152 Wajib Pajak senilai Rp 8.125.000,-

        Bantuan dana pembinaan merupakan amanat Perda Pajak Hotel dan Restoran dimana salah satu sharing yang telah dipartisipasikan kepada pemkot dikembalikan kepada Wajib Pajak untuk memberikan dukungan dan penguatan kesejahteraan bagi pengelola hotel dan restoran itu sendiri.

        Wajib Pajak Hotel dan Restoran yang mendapat uang pembinaan adalah yang memenuhi kriteria meliputi wajib pajak yang menyelenggarakan pembukuan dan pencatatan, tertib menyampaikan dan mengisi SPTPD, tertib menyetorkan pajak setiap bulannya.(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer