Detail Berita
WARTA EKONOMI SMART CITY AWARD & E-GOVERNMENT AWARD 2011 E-GOVERNMENT YOGYAKARTA TERBAIK KATEGORI KABUPATEN/KOTA
02-11-2011

 

Pemerintah Kota Yogyakarta kembali meraih penghargaan, yakni sebagai yang terbaik dalam      E-Government Award 2011 tingkat Kabupaten/Kota yang diselenggarakan oleh Majalah Warta Ekonomi. Penghargaan ini diterima langsung oleh Walikota Yogyakarta, H Herry  Zudianto di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (22/9). Untuk peringkat kedua diraih oleh Kota Cimahi dan peringkat ketiga diraih oleh Kabupaten Sleman.

Selain itu  dalam Smart City Award 2011, Herry Zudianto juga mendapatkan penghargaan khusus Special Mention : Smart Leadership atau kepemimpinan terbaik, kreatif dan inovatif dalam mengelola pemerintahan berbasis teknologi informasi.

Herry Zudianto, seusai meneriman penghargaan ini mengatakan, bahwa anugerah terbaik dalam e-government award tingkat Kabupaten/kota ini merupakan hasil kerja bersama dari seluruh jajaran Pemkot Yogyakarta dalam pelaksanaan e government selama ini dan berharap bisa diteruskan dan dikembangkan oleh kepala pelayanan masyarakat yang akan datang.

CEO Majalah Warta Ekonomi, Mario Alisyahbana mengatakan, Warta Ekonomi e-Government Award adalah sebuah penghargaan yang ditujukan kepada lembaga pemerintah terbaik di Indonesia yang telah mengimplementasi teknologi informasi dalam fungsinya sebagai pelayanan masyarakat.

Dijelaskan, faktor dan indikator yang dinilai dan menjadi penentu kemenangan di ajang e-government award ini  adalah Smart Government, yang meliputi Participation in Decision Making (Rencana Strategis TI, Keterlibatan Publik dalam Pengambilan Keputusan, Sistem Administrasi Kependudukan, Sistem Administrasi Perijinan, Partisipasi Warga, Sistem Monitoring Area Publik, Public Services, Transparent Governance, Smart Living yang meliputi: Education Facilities (Penerimaan Murid Baru Online, SIM Sekolah Online, Portal Pariwisata, CCTV Pemantau Lalu Lintas, Traffic Management Center, Kerjasama antar Instansi terkait eGov, Kerjasama dengan Swasta terkait eGov, Fasilitas wifi gratis di tempat public, Touristic Attractivity, ICT Infrastructure Availability serta Smart Environment, yang meliputi: Sustainable Resource Management (Sistem Peringatan Dini Bencana/Early Warning System, Sistem Pengolahan Sampah Berbasis TI, Sistem  Monitoring Air Berbasis TI. (Hg)

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer