Detail Berita
Bank Sampah Brontokusuman
02-11-2011

 

Sebagai bentuk aksi menjaga lingkungan agar tetap bersih, warga RW 16 Karanganyar, Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta membuat “Bank Sampah”. Bank sampah ini secara langsung diresmikan oleh Herry Zudianto, Walikota Yogyakarta beberapa waktu lalu di Balai RW 16 Brontokusuman. “Kegiatan ini bertujuan agar lingkungan RW 16 ini selalu bersih dari sampah dan mampu mengajak warga mempunyai semangat dalam memilah-milah sampah tanpa rasa malu-malu lagi”, kata Sarmidi, ketua RW. Warga yang mempunyai sampah yang masih bernilai jual seperti Koran, kertas bekas, botol dan kardus akan memilah-milahnya dan dikumpulkan dalam karung untuk kemudian dikilokan kepada petugas bank sampah. Kemudian setiap minggu atau setelah terkumpul banyak, petugas penimbun akan segera menjualnya. Dari hasil tersebut uang yang terkumpul akan diberikan kepada warga melalui buku tabungan yang dapat diambil setiap minggu ataupun  setelah terkumpul banyak.

Sarmidi menambahkan bahwa awalnya sasaran kegiatan ini adalah warga RW 16, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kemudian RW16 Karanganyar akan menjadi pusat warga menjual sampah sehingga tercipta lingkungan yang bersih di Kelurahan Brontokusuman.

Dalam sambutannya, Herry mengaku senang karena warga Rw 16 sudah merintis kegiatan Bank Sampah ini. “Saya bangga karena kegiatan ini tidak hanya mengajak warga untuk membuang sampah pada tempatnya, tetapi juga sudah memilah-milah sampah mana yang mempunyai nilai dan dapat dijual”, ungkapnya. Selain itu dalam akhir masa jabatannya sebagai kepala pelayan masyarakat, Herry juga sekaligus berpamitan kepada warga  Brontokusuman untuk 10 tahun kepemimpinannya. (ank/sat)

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer