Detail Berita
Bangunan Harus Memiliki Ruang Terbuka Hijau
28-02-2008

BANGUNAN HARUS MEMILIKI RUANG TERBUKA HIJAU  

 

Sebagai langkah kongkrit menjaga keseimbangan lingkungan alam dan bangunan, 2 November lalu Pemkot menerbitkan Keputusan Walikota Nomor 515/2007 tentang Pemanfaatan Ruang Terbuka. Hal itu guna mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan yang bersih, sehat, indah dan nyaman serta menciptakan suasana teduh. Dalam keputusan tersebut disebutkan  bahwa setiap bangunan baru wajib menyediakan minimal 10 persen dari luas persil untuk ruang terbuka hijau. Apabila luas ruang terbuka hijau kurang dari 10 persen maka wajib ditambah keluasannya dengan cara menanam pohon perindang, taman, taman atap, taman pergola, taman pot dan sejenisnya sehingga memenuhi keluasan 10 persen. Demikian ungkap Kepala Dinas Perizinan Kota Yogyakarta Dra. Pontjosiwi didampingi Kabid Pertanaman dan Perindang Jalan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta di Balaikota belum lama ini.

Dra. Pontjosiwi menjelaskan, bahwa ruang hijau tersebut harus disertakan dalam gambar teknis bangunan saat mengajukan izin mendirikan bangun bangunan (IMBB).  Sedangkan untuk bangunan lama yang belum menyediakan ruang terbuka bagi tanaman, pemkot telah memberikan himbauan hingga ke tingkat wilayah.

Dikatakan, saat ini memang belum ada sanksi dalam keputusan tersebut, sehingga nantinya keputusan walikota ini akan digunakan sebagai dasar pembuatan Perda agar mempunyai kekuatan hukum. Diharapkan dengan munculnya keputusan ini menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kota Yogyakarta meningkatkan kesadaran masyarakat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan sehat.

Sementara itu Kepala Bidang Pertanaman dan Perindang Jalan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Ir. Benny Nurhantoro menjelaskan, idealnya ruang hijau di wilayah kota Jogja seluas 30 persen dari total wilayah 32.000 meter persegi. Sehingga dengan dikeluarkannya kebijakan koefisien hijau tersebut akan mampu menggerakkan masyarakat untuk bertindak dalam mewujudkan lingkungan yang terlihat hijau, nyaman dan asri.(Ttk)

abi is agusbudi | Tanya Komputer