Detail Berita
INDEKS TAKSASI BARU UNTUK PERMOHONAN IMBB
02-11-2011

Pemkot Yogyakarta melalui Perwal 68 tahun 2011 menentukan besaran indeks taksasi harga bangunan dan taksasi nilai bangun-bangunan  yang baru untuk penetapan tarif retribusi izin membangun bangunan (IMBB). Hal ini dikarenakan indeks taksasi lama yang ditetapkan sejak 2004 sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan harga bahan bangunan saat ini. IMBB yang dimaksud meliputi izin mendirikan, mengubah, memperbaiki dan atau membongkar bangun bangunan. Demikian dikatakan Gatot Sudarmono Kabid Regulasi dan Pengembangan Kinerja Dinas Perizinan di Balaikota beberapa waktu lalu.

Sehingga masyarakat yang mengajukan permohonan  IMBB mulai 1 Agustus 2011 akan dikenakan indeks taksasi harga bangunan sebesar Rp. 432.000,- (empat ratus tiga puluh dua ribu rupiah) permeter persegi. Sedangkan besarnya taksasi nilai bangun-bangunan diatur sbb :

1.        Untuk bangun-bangunan pagar bumi, pagar halaman depan/samping, seketeng dan sejenisnya sebesar Rp.432.000,- (empat ratus tiga puluh dua ribu rupiah) permeter panjang.

2.        Untuk bangun-bangunan teras, balkon, perkerasan halaman/jalan masuk dan sejenisnya sebesar Rp. 324.000,- (tiga ratus dua puluh empat ribu rupiah) per meter persegi.

3.        Untuk bangun-bangunan septitank, sumur peresapan air hujan, sumur gali, bak penampungan air dan sejenisnya sebesar Rp. 945.000,- (Sembilan ratus empat puluh lima ribu rupiah) per unit.

4.        Untuk bangun-bangunan yang mempunyai ketinggian dari permukaan tanah lebih dari 4 (empat) meter sampai 8 (delapan) meter diperhitungkan 2 (dua) kali lipat besarnya taksasi nilai bangun-bangunan, lebih dari 8 (delapan) meter sampai 12 (duabelas) meter diperhitungkan 3 (tiga) kali lipat besarnya taksasi bangun-bangunan dan seterusnya.

Pelayanan permohonan IMBB secara umum tidak mengalami perubahan, persyaratan dan prosedur layanan  perizinan juga bisa diakses melalui http://www.perizinan.jogjakota.go.id.  Melalui website ini masyarakat dengan mudah dapat mengetahui persyaratan perizinan, download formulir permohonan dan mengetahui tanggal jatuh tempo masa berlakunya Izin Gangguan (HO). Untuk mengetahui proses izinnya sampai dimana pemohon juga tak perlu bolak-balik datang ke Dinas Perizinan, cukup melalui SMS ke nomor 08122873000 dengan cara mengetik status (spasi) nomor pendaftaran. Dan jika dalam proses perizinan ada masalah sampaikan saran dan keluhan melalui sms 081227625000 rahasia terjamin.  (ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer