Detail Berita
NOVI KEMBALI KE SEKOLAH
02-11-2011

 

Novita Andriyani (14 thn) kini bisa kembali menikmati hari indahnya di sekolah. Warga Jogoyudan Kelurahan Gowongan ini sebelumnya terpaksa harus bekerja dengan berjualan koran di jalan demi membantu orangtuanya memenuhi kebutuhan hidup. Sebelumnya Novi sudah sempat bersekolah di SMP, namun karena ketiadaan biaya dia terpaksa harus meninggalkan bangku sekolah. Cita-cita sebagai guru SD dari 7 bersaudara putri Ibu Isti Ismawati  ini terancam kandas setelah selama sekitar setahun Novi sempat berhenti sekolah. 
Mulai awal September ini Novi sudah tercatat menjadi siswa kelas 7 di SMP Taman Dewasa.  Novi mendapat fasilitas dari Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta agar dapat belajar kembali di bangku sekolah. Biaya sekolah, buku dan uang seragam bagi Novi ditanggung oleh Pemkot Yogyakarta hingga nanti tamat sekolah.
Kepala UPT Jaminan Pendidikan Daerah, Suryatmi menjelaskan pihaknya memberikan bantuan kurang lebih 3 juta rupiah hingga nanti Novi lulus SMP. Pada APBD 2011 ini telah dianggarkan 13,9 Milyar untuk jaminan pendidikan daerah yang diantaranya dialokasikan bagi anak-anak seperti Novi. Jaminan pendidikan ini diberikan bagi anak-anak pemegang KMS maupun anak-anak di panti asuhan baik yang bersekolah di dalam kota maupun luar kota Yogyakarta dari tingkat SD hingga SMA/K. Sedang bagi anak-anak non KMS pihaknya juga menyediakan jaminan pendidikan berupa beasiswa prestasi. 
Ketua Pokja Pembinaan Penanganan Anak Jalanan Berbasis Komunitas FK PSM Kota Yogyakarta, Monda Saragih menjelaskan, pihaknya akan terus berusaha untuk mendampingi dan mensuport secara moril agar Novi dapat bersekolah selayaknya. Selain itu dia juga bekerjasama dengan sekolah untuk terus bersama-sama mengawasi dan tidak kembali berjualan koran agar tetap dapat fokus bersekolah. “Merupakan tanggungjawab moral kami agar anak-anak seperti Novi dapat menikmati masa belajarnya di sekolah,” tuturnya.

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer