Detail Berita
10 RW SUDAH BEBAS ASAP ROKOK
02-11-2011

 

 Sepuluh RW di Kota Yogyakarta telah dicanangkan sebagai kawasan bebas rokok. Mereka adalah RW 01 Gunungketur, RW 11 Muja Muju, RW 4 Pakuncen, RW 6 Suryodiningratan yang telah dideklarasikan sejak 12 November 2010. Menyusul kemudian RW 13 Giwangan, RW 2 Bausasran, RW 2 Suryatmajan, RW 11 Kadipaten  dan RW 10 Prenggan serta RW 6 Tegalpanggung yang dideklarasikan sebagai kawasan bebas rokok sejak 31 Mei 2011 bersamaan dengan Hari Anti Tembakau Sedunia di Balaikota. Selain itu mereka juga telah membentuk paguyuban RW-RW bebas rokok.

Dalam deklarasi tersebut ada kesepakatan warga bahwa tidak boleh ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah, tidak boleh merokok di dekat ibu hamil atau anak-anak, serta tidak boleh merokok dalam acara pertemuan warga. Maka bagi anda yang perokok perlu berpikir ulang jika memasuki kawasan tersebut, janganlah merokok di sembarang tempat. Hal itu disampaikan Kasi Promosi Kesehatan Dinkes Fery Edi Sunantyo di Balaikota.

Beragam kegiatan juga dilakukan di kawasan RW bebas rokok ini, mereka aktif menginformasikan akan bahaya rokok bagi kesehatan kepada seluruh warganya. Pada setiap rumah penduduk juga telah ditempel stiker bebas asap rokok,. Beberapa RW diantaranya bahkan telah melakukan pendataan penduduk yang perokok dan bukan perokok, Kemudian bagi perokok yang ingin berhenti ada kader pendamping yang siap mendampingi untuk berkonsultasi dan mengakses layanan klinik berhenti merokok di puskesmas  Malah di RW 6 Suryodiningratan telah membuka layanan konsultasi sendiri bagi warga perokok yang ingin berhenti.

Data Dinkes Kota Yogyakarta menunjukkan pada 2008 terdapat 44.74% rumah tangga yang bebas asap rokok di dalam rumah, meningkat pada 2009 menjadi 45,11% dan pada 2010 menjadi 46,14%. Hal ini menunjukkan telah ada peningkatan kesadaran warga untuk tidak merokok di dalam rumah. Diharapkan kedepan akan mampu mengurangi jumlah perokok dan terwujud lebih banyak lagi kampung yang sehat.

abi is agusbudi | Tanya Komputer