Detail Berita
RW 11 TERBAN MENJAGA KELESTARIAN AIR DENGAN 3P
02-11-2011

 

 Kebutuhan penggunaan air bersih akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan jumlah penduduk, sedangkan sumber air yang ada sangat terbatas jumlahnya. Kesadaran warga RW 11 Kelurahan Terban untuk menghemat air dan melestarikan lingkungan menjadikan sebuah gerakan bersama untuk pemanfaatan air sebaik-baiknya. Gerakan 3P (Penghematan air, Pendayagunaan ulang air, Pelestarian lingkungan) menjadi program kegiatan unggulan dalam menjaga kelestarian lingkungan terutama sumber daya air.

Bermula dari keaktifan warga terutama ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan berbagai bidang. Salah satunya kegiatan pelatihan fasilitator 3P yang diselenggarakan BLH Kota Yogyakarta. RW 11 diwakili oleh Ibu Romlah Sugiyo dalam mengikuti pelatihan ini. Kemudian Ibu Romlah sebagai fasilitator dan para kader yang dibentuk di 5 RT mampu mensosialisasikan dan mengembangkan konsep 3P bekerjasama dengan berbagai pihak yaitu pengurus RT/RW, PKK, dan kelompok masyarakat seperti BELIK HIBSA, Sanggar BelikKids, dan organisasi kamtibmas FKPM.

Lurah Terban Subarjilan menjelaskan, Bentuk kegiatan nyata dilakukan dalam Gerakan 3P adalah penghematan air dengan menampung bekas air wudlu dan memanfaatkan bekas air cucian. Air tersebut tidak langsung dibuang namun dilakukan pendayagunaaan ulang untuk dimanfaatkan menyiram tanaman, membersihkan kandang binatang, ataupun untuk mencuci kendaraan. Upaya pelestarian lingkungan dilakukan warga dengan cara meresapkan air melalui lubang biopori yang dibuat di halaman maupun di jalan kampung, selain itu juga diperbanyak penghijauan dengan tanaman perindang.

Tak hanya itu, warga juga melakukan kerja bakti secara rutin yang difokuskan pada upaya pelestarian air dan lingkungan seperti melakukan perbaikan SPAH dan perawatan biopori. Lomba 3P antar RT juga dilakukan untuk menilai seberapa jauh konsep 3P diterima dan diterapkan warga. Pelaksanaan program 3P secara konsekuen dan terus menerus juga menjadi perhatian serius. Upaya mempertahankan konsistensi minat dan tekat melaksanakan  program ini dilakukan dengan meningkatkan pemahaman warga agar terus menghemat air, mempertahankan daerah hijau sebagai sumber resapan air, meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana penghemat air dengan menambah jumlah biopori, SPAH, perbaikan SPAL serta pemeliharaan dan pelestarian daerah aliran kali Belik.

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer