Detail Berita
Kota Yogyakarta raih Penghargaan IGRA Award
25-10-2011

 

 Kepala BLH Ir. Suyana menerima penghargaan dan sekretaris kementrian lingkungan hidup RI Ir. Hermien Roesita, MM

Pemerintah Kota Yogyakarta kembali meraih penghargaan yang bergengsi yakni penghargaan Indonesia Green Region Award (IGRA) 2011, penghargaan ini merupakan penghargaan kepada kabupaten/kota di Indonesia yang serius dan berhasil dalam pengelolaan dan upaya menjaga lingkungan hidup bersama masyarakat. Penghargaan ini diterima oleh Kepala Badan Lingkungan idup Kota Yogyakarta, Ir. Suyana di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (21/9). Penghargaan ini diserahkan oleh Sekretaris Kementrian Lingkungan Hidup RI,          Ir Hermien Roosita, MM.

Untuk kali ini Kota Yogyakarta menduduki peringkat ke dua. Sedangkan peringkat pertama diraih oleh Kota Surabaya. Sementara itu peringakat ke tiga diraih oleh Kota Denpasar, peringkat ke empat Pemkab Palangkaraya dan peringkat ke lima Kota Banda Aceh.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Ir. Suyana mengatakan, prestasi ini merupakan prestasi bagi pemerintah Kota Yogyakarta dan seluruh warga kota Yogyakarta yang telah bekerjasama dalam pengelolaan dan upaya menjaga dan menyelamatkan lingkungan di Kota Yogyakarta.

“Ini adalah prestasi kita bersama pemerintah dan masyarakat, dimana kita dinilai berhasil dalam penyelamatan lingkungan diantaranya melalui program 3 R, Reduce, Reuse, Recycle, pembuatan 250 ribu lubang biopori, pembebasan tanah untuk public space (taman kota) dan keberhasilan merevitalisasi kawasan sungai sebagai wisata air” kata Ir. Suyana.

Salah satu dewan juri, Sonny Keraf mengatakan program ini bagus sekali dan diharapkan dapat meningkatkan keseriusan pemerintah dalam upaya menjaga lingkungan yang juga melibatkan masyarakat.

“Dari penilaian kami, kabupaten/ kota pemenang IGRA 2011 ini memang serius dalam mengeksekusi programnya terkait dengan pelestarian dan penyelamatan lingkungan di daerahnya, dengan diselenggarakannya  IGRA ini diharapkan makin mendorong pemerintah daerah melakukan terobosan-terobosan baru untuk menyelamatkan lingkungan. “ kata Sonny Keraf yang mantan Menteri Lingkungan Hidup ini.

Sementara itu Direktur Majalah Swa, Kemal E Gani mengatakan, dengan penyelenggaraan IGRA 2011 ini diharapkan  pemerintah Kabupaten/ Kota yang mempunyai program baik dalam penyelamatan lingkungan bisa lebih termotivasi untuk meningkatkan programnya dan bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi Kabupaten/ Kota yang lain.(Hg)

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer