Detail Berita
kolom Walikota
03-10-2011

PENDIDIKAN KARAKTER

membentuk pribadi yang cerdas otak dan cerdas watak

 

Manusia yang cerdas, kreatif,  inovatif disertai dengan karakter yang baik menjadi tantangan bagi dunia pendidikan di Kota Yogyakarta. Saya harapkan pendidikan tidak sekedar untuk menghasilkan siswa siswi  yang mempunyai prestasi akademik gemilang dan tingkat intelektual yang tinggi. Namun lebih dari itu jika tanpa disertai karakter yang baik tidak akan menjamin manusia tersebut akan berhasil di tengah pergaulan masyarakat apalagi dalam persaingan global yang semakin ketat.

Proses pendidikan di Indonesia saya rasa belum berhasil membangun manusia Indonesia yang berkarakter. Banyak lulusan sekolah yang berotak cerdas prestasi akademik menjulang namun lemah mental dan penakut, bahkan mempunyai watak kurang terpuji.  Besarnya anggaran pendidikan belum tentu mampu mencetak alumni pendidikan yang unggul beriman takwa, berkhlak mulia, professional dan berkarakter. Diperlukan pendidikan karakter yang akan membentuk setiap pribadi  manusia menjadi insan yang berkeutamaan.

Semangat kebangsaan, semangat bela dan abdi untuk bangsa tanpa terasa sedikit demi sedikit terus meluntur dan pudar. Bendera merah putih lebih banyak tersimpan dibanding berkibar. Kepentingan bangsa semakin terkesampingkan oleh kepentingan pribadi dan golongan.  Melalui peraturan walikota saya  mewajibkan sekolah-sekolah mulai dari SD sampai dengan SMA  di Kota Yogyakarta untuk menyanyikan lagu kebangsaan di awal dan akhir proses belajar. Penjiwaan nilai-nilai yang terkandung dalam lagu tersebut menjadi lebih merasuk jika siswa menyanyikannya secara langsung. Pin merah putih juga disematkan pada baju seragam setiap pelajar. Pin merah putih yang tersemat di dada kiri ini merupakan bukti tanda cinta terhadap tanah air. Saya sangat berharap kecintaan terhadap Indonesia bukan hanya formalitas belaka namun juga merasuk dalam hati dan diimplementasikan dalam kehidupan. Semangat dan jiwa kebangsaan benar-benar ditanamkan agar dapat menjadikan dunia pendidikan di Kota Yogyakarta memiliki karakter pembentukan wawasan kebangsaan dan nasionalisme yang kuat.

Pembentukan karakter dimulai dari fitrah yang diberikan Ilahi, yang kemudian membentuk jati diri dan perilaku. Dalam prosesnya fitrah Ilahi ini sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan, sehingga lingkungan memilki peranan yang cukup besar dalam membentuk jati diri dan perilaku. Karenanya perlu diperhatikan pula bahwa pembentukan karakter yang baik tidak hanya sekedar diasah di sekolah, namun perlu dukungan dari lingkungan masyarakat dan terutama keluarga.

Pendidikan karakter di lingkungan sekolah dilakukan melalui pengembangan diri pribadi siswa. Karakter yang dibangun ini tidak semata-mata tanggung jawab guru ataupun sekolah namun perlu dukungan dari semua pihak. Hal ini karena dalam kesehariannya siswa tidak hanya menghabiskan waktunya di sekolah tetapi justru waktu di luar sekolah lebih panjang. Selain sebagai anggota sebuah keluarga, siswa juga anggota masyarakat yang akan niteni, niroke, nambahi apa yang dia dapatkan di luar sekolah.   

Lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat saya harapkan dapat menjadi panutan yang baik sehingga siswa dapat menjadikannya sebagai role model. Kerjasama yang baik diantara ketiganya akan memberikan teladan yang baik. Hingga nanti diharapkan generasi muda akan menjadi generasi masa depan yang patut diandalkan. Mereka akan menjadi generasi yang cerdas otak dan cerdas watak. Mereka akan menjadi manusia yang bermanfaat baik bagi diri sendiri, bagi masyarakat maupun bagi bangsa. Mereka akan menjadi pemimpin masa depan yang jujur sederhana, punya rasa empati dan bertakwa kepada Tuhan.

Pemerintah Kota Yogyakarta sesuai tanggungjawabnya sebagai penyedia layanan pendidikan terus berusaha mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah yang berkarakter. Lingkungan  sekolah diciptakan menjadi tempat belajar yang aman, mengembangkan sifat kejujuran, mendorong kreativitas dan membentuk persahabatan yang baik diantara warga sekolah. Hal ini dibentuk selaras dengan menumbuhkan rasa kebangsaan yang tinggi.

Pendidikan karakter pada sekolah-sekolah di Kota Yogyakarta disampaikan kepada siswa tidak melalui mata pelajaran yang berdiri sendiri atau dalam satu mata pelajaran khusus. Pendidikan karakter diintegrasikan dalam mata pelajaran atau digabung dengan mata pelajaran yang sesuai, juga dibiasakan melalui proses pembelajaran dengan sistem penyadaran dan pembiasaan. Pembiasaan perilaku yang ditanamkan seperti pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat, pengamalan pendidikan agama, hidup tertib dan disiplin, juga melalui kegiatan sosial. Di sekolah pengembangan pendidikan karakter juga dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pramuka, palang merah remaja, dokter kecil dan pelatihan seni budaya. Saya juga mewajibkan kegiatan kepramukaan menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi siswa.

Namun begitu pembentukan karakter anak didik, dibangun juga dari budaya sekolah. Sekolah memiliki kiat khusus untuk pendisiplinan dan kebiasaan tertentu tentang karakter yang akan dibentuk, disertai dengan suri tauladan yang baik dari para pendidiknya. Keteladanan sikap dan perilaku dengan memberikan contoh terhadap tindakan-tindakan yang baik sehingga menjai penutan bagi peserta didik untuk mencontohnya.

Pendidikan karakter penting sekali untuk membentuk akhlak dan paradigma masyarakat Indonesia serta mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Semoga pendidikan di Kota Yogyakarta mampu membentuk pribadi yang cerdas otak dan cerdas watak.

Untuk itu saya mengajak, mari kita bangun bersama Jogja agar dapat memberikan sesuatu yang terbaik buat Indonesia. Kita mulai dari keluarga, lingkungan dan juga sekolah, saya ingin kita memberikan masukan berbagai nilai yang baik terhadap anak-anak kita yang kelak akan mengisi bangsa ini. Menjadikan anak-anak kita mempunyai karakter yang kuat berdasarkan ilmu pengetahuan budaya dan agama menuju peradaban Indonesia. Indonesia harus istimewa karena dukungan dan suport dari Yogyakarta yang istimewa. Amiin. (ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer