Detail Berita
Aksi Wartawan Peduli Lingkungan
28-02-2008

 

AKSI WARTAWAN PENDULI LINGKUNGAN

 

Belum lama ini wartawan Yogyakarta dari berbagai media cetak dan elektronik menggelar aksi tanam pohon di wilayah kota. Sebanyak 80 pohon duwet mereka tanam di kawasan wilayah Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan Yogyakarta. Puluhan pohon duwet itu yang ditanam di 16 lokasi tersebar di 12 RW tersebut merupakan batang pohon ke 16.000 yang ditanam di Yogyakarta.

Aksi tanam pohon mendapat sambutan masyarakat setempat. Turut menyemarakan aksi tanam pohon antara lain Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto, Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Arif Noor Hartanto dan tokoh masyarakat sekitar lokasi.

Lurah Prawirodirjan, Anni Sumarni, SH, mengungkapkan, kegiatan tanam pohon di wilayahnya mendapat apresiasi dan sambutan antusias oleh warga. Perwakilan warga dari setiap RW hadir menyaksikan dan mendampingi aksi tanam pohon yang diprakarsai para kuli tinta tersebut. “Kita telah mempersiapkan 80 titik penanaman pohon yang tersebar di wilayah kami. Meskipun lahan di wilayah kami sempit tetapi penanaman pohon adalah hal positif yang harus kita dukung sepenuhnya,” katanya.

Koordinator aksi tanam pohon dari Paguyuban Wartawan Kota Yogyakarta, Sulistiono, mengatakan, aksi tanam pohon dilakukan sebagai bentuk kepedulian wartawan terhadap lingkungan serta wujud dukungan terhadap upaya meminimalisasi efek pemanasan global. Dipilihnya kelurahan Prawirodirjan sebagai objek penanaman pohon karena wilayah itu merupakan salah satu daerah yang strategis karena berlokasi di bantaran Kali Code. Aksi para wartawan diharapkan mampu mengajak masyarakat setempat peduli lingkungan dan gemar menanam pohon. Paling tidak, dengan kegemaran menamam pohon di wilayah bantaran sungai, ancaman bencana longsor ketika banjir bisa diminimalisasi sedini mungkin. “Aksi para wartawan ini diharapkan mampu mengajak seluruh komponen masyarakat berbuat sesuatu yang positif demi kualitas lingkungan yang lebih baik.”(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer