Detail Berita
ANARITA HARUMKAN NAMA JOGJA DI OLIMPIADE INTERNASIONAL
03-10-2011

 

Anarita Widianingrum siswa SMA 8 Yogyakarta berhasil mengharumkan nama Kota Yogyakarta di ajang olimpiade ilmu kebumian internasional (IESO) International Earth Science Olympiad di kota Modena Italia 5-14 September lalu. Anarita berangkat mewakili Indonesia setelah sebelumnya Anarita berhasil meraih medali emas dalam ajang Olimpiade Sains Nasional 2010 di Medan.

IESO mengusung tema “Earth Science Renaisance : Science, environment and art, IESO 2011 dan digelar selama sepuluh hari ini diikuti 34 negara dari seluruh dunia. IESO merupakan olimpiade khusus bidang kebumian, dengan focus materi pada bidang geologi dan geofisika (system geosfer), meteorology (system atmosfer), oseanografi (system hidrosfer) dan astronomi. Setiap peserta menjalani written test selama empat jam di faculty engineering sebuah universias ternama di Modena, kemudian juga mengikuti tes praktek di City Center of Modena dan Planetarium Modena.

Dari Indonesia Anarita berangkat bersama tiga siswa lain yaitu Syera Afita Ratna dari SMA 1 Banjarnegara, Mohammad Reza Ardian SMA 1 Depok dan Farizky Hisyam SMA 3 Malang. Bersaing ketat dengan 104 peserta lain dari berbagai Negara, kontingen Indonesia berhasil meraih tiga medali perak dan satu perunggu. Selain itu juga berhasil membawa pulang dua katagori pemresentasi terbaik yaitu Best Performance in Astronomy oleh Reza Ardian dan Best ITFI presentation oleh Farizky Hisyam.

Kepala Sekolah SMA 8, Drs Maryana,MM mengaku bangga dengan prestasi yang berhasil diraih oleh Anarita. Pihaknya akan terus memupuk setiap bakat yang dimiliki siswanya agar dapat mencapai hasil yang optimal. “Sekolah kami memfasilitasi kegiatan ini melalui Delayota Science Club, saya berharap prestasi serupa akan terus ditorehkan dari siswa-siswi SMA 8 Yogyakarta,” tuturnya.

abi is agusbudi | Tanya Komputer